Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2012, 14:24 WIB

TANYA :

Dok, saya sudah menikah selama 2 tahun dan belum memiliki keturunan.  Saya merasa risi ketika suami saya menginginkan payudara saya sedikit padat dan besar. Bagaimana ya dok, cara membesarkan payudara dengan cara ilmiah dan mudah serta aman. Lalu apakah ada asupan makanan tertentu atau cara apa untuk membantu mengencangkan payudara saya? Terimaksih dok atas jawabannya.

(Revan, 23, Jakarta)

JAWAB :

Kalau dua tahun menikah tetapi belum hamil, padahal sudah melakukan hubungan seksual teratur, tentu perlu mendapat pemeriksaan. Biasanya ada masalah gangguan kesuburan, mungkin di pihak suami atau Anda sendiri.

Jadi, saya sarankan Anda dan suami berkonsultasi lebih jauh untuk mendapat pemeriksaan. Dengan demikian, gangguan yang ada dapat diatasi.

Mengenai ukuran payudara, saya tidak tahu apakah payudara Anda telah berkembang normal seiring dengan perkembangan seksual reproduksi Anda, ataukah belum. Kalau belum berkembang secara normal, ini disebabkan oleh kurang berfungsinya hormon, terutama estrogen. Tetapi kalau sudah mencapai tahap perkembangan normal, ya ukuran sekarang adalah ukuran normal.

Membesarkan payudara dengan menggunakan hormon padahal hormonnya normal tentu tidak dianjurkan. Cara yang sedang dikembangkan antara lain dengan suntikan sel lemak ke dalam jaringan payudara. Tetapi tentu cara ini harus diulang lagi secara berkala.

Cara lain ya dengan operasi. Untuk mengencangkan payudara, cara paling aman ialah dengan olahraga yang berkaitan dengan bagian dada. Mengenai supan makanan, saya tidak yakin ada makanan tertentu yang dapat mengencangkan payudara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com