Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2012, 11:32 WIB

KOMPAS.com -  Sebuah vaksin flu baru yang terbuat dari messenger RNA (mRNA) sedang dikembangkan para ahli di Jerman. Kelebihan vaksin yang terbuat dari RNA ini yaitu dapat diproduksi dengan cepat.

Vaksin RNA terbuat dari materi genetik yang mengendalikan produksi protein. Tidak seperti vaksin tradisional, vaksin RNA dapat diproduksi secara besar dengan waktu yang relatif cepat untuk menghentikan penyakit yang menyebar luas.

Menurut para peneliti, vaksin yang beredar di pasaran saat ini bekerja dengan cara menginstruksikan sistem kekebalan tubuh untuk mengenali dua jenis protein virus yang disebut HA dan NA. Namun, kedua protein ini senantiasa berkembang, sehingga vaksin baru selalu dibutuhkan. Peneliti percaya, kunci utama dari terciptanya vaksin abadi untuk melawan beragam jenis virus flu adalah dengan menyasar sesuatu yang takkan berubah.

Studi terdahulu telah menunjukkan, vaksin flu yang selama ini ada menyasar target untuk jenis protein lain yang tidak cepat berubah seperti NA dan HA. Sedangkan vaksin baru ini lebih canggih dan berkerja berdasakan proses RNA dalam memproduksi protein NA dan HA itu sendiri, terlepas dari strain virusnya.

Seperti yang dimuat dalam jurnal Nature Biotechnology, vaksin baru ini hanya terbuat dari mRNA, yang merupakan molekul single-stranded yang membawa informasi pada sel untuk membuat protein. Saat diinjeksikan dalam tubuh, vaksin RNA akan dideteksi oleh sel imun tubuh yang akan mengubah vaksin menjadi protein.

Peneliti menjelaskan protein dapat dikenali sebagai materi asing di dalam tubuh sehingga dapat menjadi pemicu bagi respon imun agar lebih aktif ketika yang masuk ke dalam tubuh adalah virus.

Vaksin RNA juga dinilai peneliti lebih baik daripada vaksin DNA karena tidak memicu risiko kesalahan genetik pada manusia.

Para peneliti juga menambahkan, kelebihan dari vaksin RNA yaitu tidak perlu disimpan di tempat dingin. Karena vaksin ini dapat berubah bentuk menjadi bentuk bubuk beku, sehingga tidak perlu lagi disimpan di tempat dingin. Jika vaksin ini bisa bekerja pada manusia, maka sebaiknya diberikan sejak masa kanak-kanak untuk menjaga terhindar dari segala virus flu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com