Kompas.com - 07/12/2012, 11:37 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com – Senyuman menarik dari pria tentu saja menjadi faktor penting untuk memikat wanita. Untuk mendapatkan senyuman yang menarik, tentu saja pria perlu menjaga kesehatan gigi dan gusinya. Namun ternyata selain demi senyuman menarik, menjaga kesehatan gigi dan gusi juga dapat meningkatkan kualitas kehidupan seks pria. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine menemukan adanya hubungan antara penyakit gusi dan disfungsi ereksi.

Para peneliti dari University of Malatya di Turki melakukan riset pada 160 orang berusia 30 sampai 40 tahun, setengah dari mereka memiliki disfungsi ereksi. Di antara pria impoten, 53 persen juga ditemukan memiliki gusi meradang, sedangkan pada kelompok kontrol hanya 23 persen. Usia rata-rata laki-laki dalam penelitian ini berada di bawah 36 tahun.

Para peneliti menggunakan Indeks Internasional Disfungsi Ereksi, sejenis kuisioner yang menilai fungsi dan perilaku seksual pasien. Setelah data untuk berat badan, usia, indeks massa tubuh, pendapatan rumah tangga, dan tingkat pendidikan diolah, para peneliti menemukan bahwa pria dengan penyakit periodontal memiliki kecendrungan lebih tinggi 3,29 persen untuk mengalami masalah mempertahankan ereksi dibandingkan mereka yang memiliki gusi yang sehat. Disfungsi ereksi juga telah dikaitkan dengan kondisi kronis, serta testosteron rendah.

"Sudah jelas ketika memiliki penyakit periodontal dapat memicu terjadi penyakit lain,” kata Don Clem, DDS, mantan presiden American Academy of Periodontology dan ahli penyakit periodontal di Fullerton, California. Hal ini seperti yang sudah diketahui sebelumnya, ada hubungan antara penyakit periodontal dengan penyakit kardiovaskular, kanker dan penyakit kronis lain.

Sejumlah penelitian dan survei telah membuktikan bahwa pria yang tidak menjaga kebersihan mulut, jarang mengunjungi dokter gigi memiliki kecenderungan untuk mengalami penyakit periodontal. Jika dibandingkan dengan wanita, pria cenderung mengunjungi dokter gigi jika keadaan gigi mereka sudah memburuk, demikan menurut Academy of General Dentistry. Penelitian sebelumnya juga menyatakan, rata-rata pria akan kehilangan 5,4 gigi pada usia 72, sedangkan 12 gigi pada usia 72 apabila memiliki kebiasaan merokok.

Hubungan penyakit gigi dengan penyakit lainnya memang sudah banyak diteliti. Kevin Billups, MD, seorang urolog dan direktur Program Kesehatan Inovatif Pria di Johns Hopkins Medicine, mengatakan mustahil untuk mengabaikan hubungan ini. Karena pada kenyataannya memang sangat berkaitan.

"Penyakit gusi dapat menjadi tanda terkena penyakit sistemik yang disebabkan oleh peradangan, “kata Billups.

Ia juga menambahkan pasien yang menderita impotensi berisiko sangat besar menderita penyakit kardiovaskular dalam 10 tahun mendatang.

Mulut, seperti yang dikatakan Clem, masih banyak dianggap sebagai bagian yang terpisah dari bagian tubuh lain. Jadi, ketika ada suatu masalah pada kesehatannya, dianggap tidak akan menimbulkan komplikasi dengan penyakit lain. Namun faktanya ternyata tidak begitu, karena semua saling berkaitan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.