Dok, Kenapa Saya Sakit Sariawan Setiap Bulan?

Kompas.com - 15/02/2013, 08:44 WIB
EditorAsep Candra

TANYA : 

Dear dokter.... Saya mempunyai masalah sariawan yang baru bisa sembuh hingga 14 hari. Sariawan yang derita bukan hanya di satu titik. Ada yang di daerah gusi, lidah dan area mulut lainnya. Diameternya pun cukup besar. Sariawan yang saya derita seperti orang haid karena setiap sebulan sekali datang. Padahal saya merasa tidak kekurangan vitamin karena saya senang dengan makanan mengandung sayuran dan buah-buahan. Saya juga sudah pernah konsultasi  dengan dokter gigi, tetapi jawabannya pun tidak memuaskan. Apakah ada obat buat sariawan kambuhan yang sering saya derita... dan bagaimana pencegahannya... Terima kasih dok.. salam...

(Aya Humaidi, 22, Bekasi)

JAWAB :

Hai Aya,

Sepertinya sariawan yang anda derita saat ini memang ada kaitannya dengan siklus menstruasi yang anda alami setiap bulannya. Memang kasus ini jarang terjadi, namun ada sebagian kecil perempuan yang mengalaminya.

Menurut penelitian yang tercantum di dalam beberapa jurnal kedokteran dan kedokteran gigi, sebagian kecil perempuan memang memiliki riwayat sariawan pada periode menstruasi atau sebelum menstruasi.

Salah satu contoh laporan kasus seorang pasien perempuan usia 21 tahun, selalu mengalami sariawan dimulai pada hari ke-2 sampai hari terakhir periode menstruasinya. Sariawan tersebut biasanya berlokasi di bagian dalam pipi dan bibir atas. Keadaan ini secara berulang terjadi sejak usianya 15 tahun.

Munculnya sariawan pada saat atau sebelum menstruasi, disebabkan oleh adanya perubahan hormon progesteron dan estrogen yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh masing-masing individu. Kondisi psikologis misalnya stres, juga dapat mempengaruhi munculnya sariawan secara berulang.
Sariawan yang berulang tersebut dapat sembuh spontan dalam 10-14 hari.

Namun, jika ada gejala-gejala akut atau kambuh, maka dapat dilakukan pengobatan dengan anestesi topikal (obat baal yang dioles), bahan koagulasi, atau steroid topikal. Anda juga dapat memperbanyak konsumsi vitamin B12 dan zat besi seperti sayur-sayuran. Meminimalisasi stres juga dapat membantu proses penyembuhan sariawan dan mencegahnya datang kembali.

Konsultasikan kembali kepada Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut (drg., SpPM), untuk informasi yang lebih lengkap, mendapatkan resep dan pengobatan yang lebih memadai bagi sariawan anda.

Demikian Aya, semoga lekas membaik.

Salam gigi sehat.

 


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X