Kompas.com - 06/05/2013, 16:36 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Ada ratusan jenis mikroorganisme di mulut kita setiap harinya. Sebenarnya hal itu bukanlah masalah, kecuali jika ada ketidakseimbangan bakteri di dalam mulut. Karena itu penting untuk selalu menjaga kebersihannya.

Menyikat gigi idealnya dilakukan dua kali sehari, pagi hari setelah makan dan malam hari sebelum tidur. Kebersihan gigi yang terjaga akan mengurangi pertumbuhan plak, yang maka merupakan tumpukan bakteri.

"Mulut kita tidak mungkin bersih. Namun kita bisa menjaga kebersihan gigi bila mampu menekan pertumbuhan plak," kata dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, drg.Yudha Rismanto Sp.Perio.

Setidaknya dibutuhkan waktu 6-12 jam sampai bakteri mampu berkoloni membentuk matrik plak. Kondisi tersebut sesuai dengan waktu menyikat gigi.

"Menyikat gigi akan membuat mulut bersuasana netral, tidak asam atau pun basa. Suasana ini menghambat kerja bakteri karena bakteri lebih aktif saat mulut dalam kondisi asam," katanya.

Selain menyikat gigi, ada baiknya kita membersihkan gigi secara lebih detil dengan menggunakan benang gigi atau berkumur dengan obat kumur agar kotoran di area yang tak terjangkau sikat gigi bisa dibersihkan.

Perlu diperhatikan pula kebersihan sikat gigi. Karena mulut kita penuh dengan kuman, maka sikat gigi pun menjadi tempat berkumpulnya kuman. Meski begitu, kuman-kuman tersebut tidak berbahaya karena tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk menyingkirkan kuman tersebut.

Sebaiknya simpan sikat gigi di wastafel atau rak yang tidak berada di dalam kamar mandi. Hal tersebut untuk menghindari bertambahnya kuman-kuman yang berasal dari toilet yang disiram (flush).

Cucilah tangan dengan bersih sebelum memegang sikat gigi. Selalu bersihkan sikat gigi dengan air mengalir dan jagalah sikat dalam kondisi kering karena bakteri sangat menyukai suasana lembab.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.