Kompas.com - 06/07/2013, 17:31 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Bau mulut atau halitosis sering dialami oleh mereka yang berpuasa. Hal tersebut terjadi karena saat berpuasa produksi air liur menurun karena tak ada aktivitas mengunyah yang dilakukan mulut.

Drg. Ratu Mirah Afifah mengatakan karena jumlah saliva berkurang maka pertumbuhan bakteri menjadi lebih cepat. Dalam kondisi normal, jumlah air liur yang dihasilkan mulut bisa mencapai satu liter sehingga efektif membunuh kuman.

"Namun bau mulut dapat diminimalisasi dengan beberapa strategi tertentu," ujar Professional Relationship Manager Oral Care, PT Unilever Indonesia ini di sela-sela pembukaan Pepsodent Dental Expert Center di Jakarta, Jumat (5/7/2013).

Berikut beberapa kiat menjaga kebersihan gigi dan mulut guna meminimalisasi bau mulut selama berpuasa dari Drg. Mirah.

1. Sikat gigi seusai sahur

Sisa-sisa makanan sehabis sahur jika tidak dibersihkan bisa jadi "makanan empuk" bagi bakteri sehingga membuatnya lebih cepat berkembang biak. "Maka wajib hukumnya menyikat gigi sesudah sahur," tegas Mirah.

Selain menyikat gigi, Mirah menyarankan agar juga membersihkan lidah karena sisa-sisa makanan juga terdapat banyak di sana. Sehingga membersihkan gigi saja belum cukup untuk menghindari bau mulut, lidah juga tak boleh luput untuk dibersihkan.

2. Sikat gigi seusai berbuka

Mirah mengatakan perlu adanya beberapa perubahan dalam kebiasaan menyikat gigi saat berpuasa. Jika biasanya menyikat gigi dua kali sehari sudah cukup, saat berpuasa waktu menyikat gigi bisa ditambah yaitu saat seusai berbuka puasa.

"Menyikat gigi seusai berbuka akan mengurangi bau mulut setelah seharian berpuasa. Apalagi mau menjalankan sholat selanjutnya, lebih nyaman jika napas segar," tukas Mirah.

3. Tetap menyikat gigi sebelum tidur

Meskipun sudah menyikat gigi setelah berbuka, namun seringkali kita lapar lagi di malam hari. Oleh karena itu, kebiasaan baik yang sudah dilakukan di hari-hari biasa tersebut tetap harus dilakukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.