Kompas.com - 16/07/2013, 11:52 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com — Saat tiba waktunya untuk beristirahat malam, tidak semua posisi tidur memiliki efek positif yang sama bagi kesehatan. Ada beberapa posisi tidur yang bisa berdampak buruk, bahkan berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari.

Posisi tidur yang kurang tepat antara lain berdampak pada sulit tidur, tidur tidak nyenyak, atau bangun tidur dengan kondisi tubuh pegal.

Memang, tidak mudah mengubah posisi tidur favorit Anda, tetapi tak ada salahnya mengetahui mana posisi tidur yang paling tepat sehingga Anda dapat bangun dengan segar.

Tidur telentang
Posisi tidur ini yang paling baik untuk menyeimbangkan berat tubuh, menjaga agar organ dalam dalam posisi selaras, dan mencegah nyeri punggung dan leher. Biasakan untuk meletakkan bantal di bawah lutut sehingga posisi punggung tetap lurus.

Namun, orang yang terbiasa mendengkur tidak disarankan untuk tidur dalam posisi ini, tetapi sebaiknya tidur dalam posisi miring di satu sisi untuk mengurangi dengkur.

Tidur menyamping
Berbaring menyamping dalam posisi seperti janin dengan kaki tertekuk dan bantal di antara kaki bisa mengurangi tekanan pada punggung. Sebaiknya gunakan bantal di kepala dalam posisi netral sehingga kepala tidak tertekuk. Kelebihan lain dari posisi tidur ini adalah mengurangi nyeri panas di bagian dada (heartburn).

Tidur tengkurap
Jika Anda mengalami nyeri punggung bawah, tidur tengkurap bisa mengurangi tekanan di antara diskus tulang belakang. Tidur tengkurap juga cocok jika Anda seharian harus berdiri atau duduk diam di belakang meja.

Namun, sebaiknya tidur tengkurap tidak dilakukan terlalu sering. Menurut Johanthan FitzGordon, pakar postur tubuh, tidur dalam posisi ini akan merusak lengkung alami punggung belakang.

Posisi ini juga menyebabkan kepala hanya mengarah pada satu sisi sepanjang malam sehingga bisa mengganggu garis lurus tulang leher. "Posisi ini juga menyebabkan tekanan pada saraf sehingga dapat memicu rasa kesemutan dan kebas saat bangun," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.