Kompas.com - 06/08/2013, 10:12 WIB
EditorAsep Candra


KOMPAS.com -
Banyak dari Anda yang berhasil menurunkan berat badan, tetapi tidak sedikit pula yang gagal. Saat Anda sukses menurunkan bobot, tantangan selanjutnya adalah menjaga berat badan tetap ideal.

Sama halnya saat Anda berusaha menurunkannya, menjaga berat badan juga bukan hal mudah untuk dilakukan. Beberapa alasan seringkali menjadi penyebab mengapa Anda tidak bertahan lama dengan berat badan ideal Anda.

Berikut 5 alasan mengapa berat badan sulit untuk dipertahankan :

1. Tubuh terprogram untuk merasakan lapar

Secara alami tubuh Anda terprogram untuk merasakan lapar. Salah satu tanda bahwa tubuh kekurangan energi adalah lapar. Ketika lapar, satu-satunya hal yang terlintas dalam benak Anda adalah makan dalam porsi besar. Hal inilah yang dapat memicu kelebihan kalori dalam tubuh, yang berujung pada bertambahnya berat badan. Solusinya, saat lapar datang, makanlah dalam porsi kecil dengan menu yang terdiri dari karbohidrat kompleks dan protein. Di samping sehat, makanan ini dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

2. Berat badan pengaruhi metabolisme

Dengan berkurangnya berat badan, berarti berkurang pula kebutuhan kalori tubuh untuk menjaga berat badan. Intinya, berat badan yang sedikit berarti membutuhkan energi yang sedikit pula untuk menjaga sel-sel dan jaringan untuk tetap hidup. So, sesuaikan kebutuhan kalori tubuh Anda karena setiap klasifikasi gender, usia dan berat badan memiliki kebutuhan kalori berbeda.

3. Tubuh mulai terbiasa dengan latihan

Saat Anda melakukan gerakan tertentu pada waktu latihan, secara alami tubuh Anda akan mempelajari latihan tersebut dan menjadi terbiasa. Inilah mengapa Anda harus meningkatkan beban dan intensitas latihan jika ingin meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh. Meningkatkan beban dan intensitas latihan juga berfungsi untuk membantu pembakaran lemak lebih banyak dan membantu pertumbuhan otot lebih optimal.

4. Terlalu banyak mengurangi kalori

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.