Hubungan Seksual Saat Hamil

Kompas.com - 31/12/2013, 09:13 WIB
Ada banyak mitos seputar seks dan kehamilan SHUTTERSTOCKAda banyak mitos seputar seks dan kehamilan
EditorAsep Candra

TANYA :

Dok, istri saya sedang hamil 4 bulan, tetapi kadang kami melakukan hubungan seks dalam seminggu sebanyak 3-4 kali. Apakah seks di masa kehamilan diperbolehkan dan tidak mengganggu keamanan kehamilan istri saya? Untuk mengurangi hasrat seksual, saya rutin berolahraga, tetapi kalau malam tidur berdua dan bersentuhan, gairah seks saya muncul. Bagaimana solusinya Dok?

(Gilang, 28, Makssar) 

 

JAWAB :

Sebenarnya tidak ada larangan melakukan hubungan seksual pada saat hamil. Bagi yang pertama kali hamil, perlu diperhatikan bahwa kontraksi rahim yang seringkali merupakan faktor risiko terjadinya keguguran khususnya pada tiga bulan pertama dan tiga bulan terakhir.

Kontraksi rahim terjadi pada saat perempuan mengalami orgasme ketika melakukan hubungan seksual.

Karena itu cukup beralasan kalau perempuan disarankan tidak sering mengalami orgasme pada tiga bulan pertama dan tiga bulan terakhir kehamilan.

Tetapi bagi yang mempunyai riwayat keguguran sebelumnya, dianjurkan agar sangat berhati-hati melakukan hubungan seksual, khususnya pada tiga bulan pertama dan tiga bulan terakhir usia kehamilan.

Ingatlah bahwa kontraksi rahim yang kuat apalagi sering, yang terjadi pada saat orgasme, dapat mengakibatkan keguguran. 

 

 


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X