Kompas.com - 06/01/2014, 12:02 WIB
EditorAsep Candra


TANYA :

Dok saya seorang pria dengan keinginan seks yang tinggi.  Maunya saya setiap hari melakukan hubungan seks, tapi saya kadang kecewa karena saya mengidap diabetes dan sudah 2 tahun menggunakan insulin. Pertanyaan saya : 1. ketika ereksi saya kurang keras, apa menu sehat saya agar saya bisa ereksi keras? 2.Apakah berbahaya jika saya melakukan seks hampir setiap hari,  karena bagi saya seks itu harus disyukuri dan merupakan olah raga terbaik. Saya juga mendapat informasi ini dari dokter THT saat saya berobat ke THT, apakah  benar seks merupakan olahraga terbaik, karena memang setelah melakukan seks saya tenang bahagia. Sekian dan terima kasih.

(Agus Slamet, 45, Jakarta)

 

JAWAB :


Gangguan ereksi merupakan salah satu penyulit atau akibat buruk diabetes yang tidak terkontrol atau yang terlambat diatasi. Semakin lama diabetes diidap tanpa pengobatan, semakin sulit mengatasi gangguan ereksi yang terjadi.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah mulai mengalami gangguan ereksi, saya sarankan agar tetap mengobati dan mengendalikan diabetesnya. Termasuk di dalamnya mengatur diet dan melakukan olahraga teratur.

Untuk memperbaiki fungsi ereksi, dapat digunakan obat tertentu sesuai petunjuk dokter. Melakukan hubungan seksual setiap hari tidak ada masalah asal memang sesuai dengan kemampuan seksual Anda dan pasangan juga.

Hubungan seksual merupakan kegiatan fisik dan psikis juga. Seperti olahraga, hubungan seksual juga memerlukan energi. Tetapi bukan berarti hubungan seksual dapat menggantikan olahraga.    

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.