Kompas.com - 11/01/2014, 17:20 WIB
EditorWardah Fajri


Tanya:

Dokter Achmad, saya mau tanya. Saya rencana mau program anak ketiga dan kalau bisa sih laki-laki, karena anak pertama dan kedua saya perempuan. Bagaimana ya supaya bisa hamil lagi? Saya tidak pasang KB sejak melahirkan anak kedua beberapa bulan lalu. Apakah frekuensi hubungan dengan suami harus lebih sering atau jangan terlalu sering? Apa ada faktor makanan yang bisa menambah kesuburan? Saya melahirkan anak pertama dan kedua dengan caesar. Apakah boleh hamil lagi sedangkan jarak dari melahirkan anak kedua belum satu tahun? Saya minta penjelasannya ya dok. Terima kasih.
Dea Indriati, 28, Jakarta

Jawab:
Ibu Dea Yth.
Keputusan untuk hamil lagi menurut saya terlalu cepat. Upayakan tidak hamil dulu dua tahun, sehingga ASI nya maksimal.

Untuk memilih jenis kelamin, hingga saat ini belum ada yang efektif. Baik dengan mengatur diet maupun saat nya berhubungan. Yang paling besar kemungkinan ya adalah dengan inseminasi. Demikian ibu, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.