Kalau Istri Takut Sakit Saat Bercinta

Kompas.com - 15/01/2014, 14:36 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorAsep Candra


TANYA :

Dok, saya sudah 7 bulan ini menikah, tetapi sampai sekarang saya dan suami belum pernah melakukan hubungan intim karena saya selalu dihantui takut akan kesakitan. Sebelum berhubungan, biasanya saya sudah terangsang, tetapi saat suami saya mau memulai intercourse, saya justru takut. Setiap malam ini terjadi, sampai sekarang kita berdua sudah malas mencoba untuk berhubungan badan lagi. Tolong solusinya dok! Makasih.

(Fitri, 25, Makassar)

JAWAB :

Kalau perasaan takut sakit terus muncul, tentu ini akan terus menghambat hubungan seksual. Untuk itu, tidak ada jalan lain, selain Anda sendiri yang harus mengontrol dengan pengertian yang benar.

Hubungan seksual tidak akan menimbulkan rasa sakit di pihak perempuan kalau perempuan cukup terangsang dan tanpa hambatan psikis pada saat melakukannya. Jadi, sebelum Anda terangsang cukup, jangan lakukan dulu. Biarkan suami memberi rangsangan seksual yang lebih baik agar Anda cukup terangsang, barulah lakukan hubungan seksual.

Tetapi, sebagai informasi, ada suatu gangguan fungsi seksual yang disebut vaginismus. Perempuan yang mengalami hal ini juga merasa takut sakit, tetapi disertai kontraksi abnormal pada otot vagina bagian luar ketika akan melakukan hubungan seksual. Jadi, saya sarankan Anda berkonsultasi lebih jauh agar dapat dipastikan apa yang sesungguhnya Anda alami. Selanjutnya, barulah dapat diberikan pengobatan yang benar.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X