Kompas.com - 01/02/2014, 15:42 WIB
|
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com - Konsumsi suplemen ternyata bisa menjadi opsi kedua dalam memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari. Asupan nutrisi dari pangan utuh sebaiknya tetap menjadi pilihan utama.

"Tubuh manusia sebetulnya tidak perlu asupan suplemen, baik berupa tablet atau kapsul yang banyak tersedia di masyarakat. Asal makan teratur 3 kali sehari dengan menu yang sehat, maka kecukupan nutrisi sudah diperoleh," kata dokter ahli gizi, Laila Hayati, pada Kompas Health Kamis (23/1/2013).

Kandungan nutrisi pada pangan utuh, jelas Laila, lebih baik karena jumlahnya yang sesuai kebutuhan tubuh. Jenisnya pun lebih beragam dibanding suplemen yang biasanya hanya mengandung satu atau dua macam komponen nutrisi. Sehingga dalam satu jenis pangan, seseorang bisa memperoleh berbagai kandungan nutrisi

Laila mencontohkan protein yang dibutuhkan dalam jumlah 0,8-1 gram/kgBB/hari. Bila berat badan seseorang 60 kilogram, maka protein dibutuhkan sejumlah 60 gram per hari. Kebutuhan tersebut berlaku untuk orang dengan aktivitas normal.

Kebutuhan protein tersebut  menurut Laila, bisa dipenuhi lewat asupan sehari-hari baik berbahan hewani maupun nabati. Laila menyarankan ikan, ayam tanpa kulit, dan putih telur sebagai asupan yang paling aman.

"Sebetulnya bisa saja daging merah, namun asupan ini mengandung kolesterol yang tidak baik bagi penderita hipertensi atau jantung. Asupan protein hewani sebaiknya lebih banyak dibanding nabati dengan perbandingan 2:1," tuturnya.

Terkait kandungan protein, dalam satu potong ikan seberat 100 gram terkandung 19 gram protein. Sedangkan dalam satu potong ayam tanpa kulit seberat 100 gram terdapat 24 gram protein. Sementara dalam putih telur dari satu butir telur terdapat 3,5 gram protein.

Kebutuhan tersebut juga bisa dipenuhi bila asupan diolah dengan cara yang benar. Laila menyarankan asupan tidak dimasak dengan menggunakan terlalu banyak minyak. Penggunaan minyak akan menambah kandungan lemak jahat yang tidak baik bagi pemenuhan dan keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Jika masih ingin mengonsumsi olahan gorengan, Laila menyarankan konsumsi paling banyak satu kali dalam sehari.  

"Intinya kita tidak perlu suplemen selama makan dengan benar. Apalagi bila ditambah sayur dan buah, maka tubuh tidak lagi membutuhkan suplemen," ujar Laila.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.