Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/02/2014, 07:01 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com -
Tak sedikit pasangan suami istri yang memilih menggunakan pelumas saat bercinta untuk menambah kenikmatan seksual. Namun jika tengah merencanakan kehamilan, penggunaan pelumas perlu dibatasi atau bahkan tidak digunakan sama sekali.

Sebuah studi yang baru-baru ini dipublikasi dalam jurnal Fertility and Sterility menemukan, pelumas dapat mengurangi kecepatan mobilitas sperma. Kondisi tersebut tentu menyulitkan sperma untuk dapat bergerak cepat menuju sel telur, sehingga kemungkinan hamil pun akan menurun.

Dalam studi tersebut, para peneliti melakukan percobaan untuk mengetahui efek sembilan merek pelumas pada kecepatan bergerak sperma. Hasilnya, sebagian besar pelumas dapat mengurangi kecepatan sperma secara signifikan. Bahkan salah satu merek pelumas dapat menurunkan kecepatan sperma hingga setengahnya.

Menurut penulis studi yang sekaligus profesor patologi kebidanan dan kandungan di SUNY Upstate Medical University Kazim Chohan mengatakan, kebanyakan pelumas diciptakan untuk meningkatkan kepuasan seksual sehingga ada kemungkinan mengandung senyawa yang membunuh sperma.

Sementara itu, peneliti menemukan pelumas yang berbasis minyak paling sedikit mempengaruhi sperma. Ini mungkin dikarenakan minyak tidak memiliki komponen pembunuh sperma tersebut.

Chohan mengatakan, pelumas minyak mungkin dapat membunuh sperma yang berkualitas lemah, namun sperma yang berkualitas baik akan mampu betahan dan tetap bergerak. Yang menarik, pelumas minyak justru membuat sperma lebih aktif, meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut kemampuannya untuk menyukseskan kehamilan.

Namun jangan dikira pelumas minyak tidak memiliki risiko, sehingga bebas saja menggunakan minyak sayur sebagai pelumas. Menurut Ava Cadell, penulis buku NeuroLoveology, pelumas berbasis minyak dapat mengubah keseimbangan pH pada vagina sehingga berpotensi meningkatkan risiko infeksi.

Bahkan, penelitian sebelumnya menemukan, minyak mineral dapat mengurangi kekuatan kondom lateks hingga 90 persen. Akibatnya, kondom pun rentan bocor sehingga risiko penularan penyakit atau kehamilan yang tidak direncanakan akan meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com