Kompas.com - 08/03/2014, 10:05 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorAsep Candra

TANYA :

Dok, saya mau menanyakan kenapa ya setiap habis mengendarai motor dan sepeda, kelamin (penis dan testis) saya selalu kesemutan? Adakah yang salah dalam kelamin saya atau saya terkena suatu penyakit? Terima Kasih

(Tyas, 23, Yogyakarta)


JAWAB :

Bukan sesuatu yang aneh kalai Anda mengalami kesemutan atau mungkin sedikit sakit pada bagian kelamin setelah naik seoeda atau sepeda motor, apalagi dalam waktu lama.

Tekanan kuat dan lama pada bagian kelamin, khususnya daerah perineum (antara kelamin dan dubur) dapat menimbulkan rasa kesemutan bahkan nyeri.

Mengapa? Karena di daerah itu banyak ujung syaraf yang peka rangsangan.

Rasa kesemutan dapat menjalar ke bagian penis dan testis. Saya yakin tidak ada yang salah pada kelamin Anda. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.