Kompas.com - 05/04/2014, 11:44 WIB
|
EditorLusia Kus Anna
 

KOMPAS.com -
Tanggal kedaluwarsa seringkali menjadi perhatian kita sebelum membeli suatu produk makanan. Jika sudah melewati tanggalnya, kemungkinan besar kita tak lagi mau membelinya. Namun, ternyata tidak semua produk kedaluwarsa membahayakan untuk dimakan.
 
Terkadang, makanan masih sangat baik untuk dimakan setelah satu hari, minggu, tahun, bahkan bertahun-tahun setelah melewati tanggal kedaluwarsanya. Bahkan Doug Rauch, mantan presiden supermarket Trader Joe's, melakukan bisnis makanan kedaluwarsa. Ia membuka toko bahan pangan di Boston yang menjual produk-produk kedaluwarsa.
 
Nah, untuk mengerti produk kedaluwarsa yang masih aman dikonsumsi, maka Anda perlu memahami terlebih dahulu soal istilah kedaluwarsa yang digunakan dalam kemasan produk pangan.

Alan Aragon, pakar nutrisi asal Amerika Serikat, menjelaskan, ada beberapa istilah yang bermakna berbeda pada kemasan produk pangan, antara lain:

 
- Dijual hingga (sell by): Ini merupakan istilah yang biasanya dijadikan pedoman oleh toko untuk menjual produk pangan. Jika sudah melewati tanggalnya, maka kemungkinan tampilan produk sudah tidak seperti tampilan awal, sehingga kurang menarik konsumen. Label ini berbeda dengan tanggal kedaluwarsa. Namun dari segi keamanan, kebanyakan tetap aman untuk dimakan.
 
- Baik sebelum (best before/best if used by): Saat melewati tanggal ini biasanya makanan sudah mengalami perubahan tampilan dan rasa, tetapi keamanannya masih bisa terjamin.
 
- Tanggal kedaluwarsa (use by/expiration date): Ini merupakan indikator terkuat dari keamanan pangan kemasan. Jika produk sudah melewati tanggal ini, maka sebaiknya tidak dikonsumsi karena keamanannya sudah tidak terjamin.
 
Aragon menjelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan makanan masih dapat dimakan setelah melewati tanggal kedaluwarsa. Faktanya, tampilan dan rasa belum tentu menjadi indikator. "Kebanyakan makanan masih aman dimakan meskipun tampilan dan rasanya sudah sedikit berubah," katanya.
 
Ia menegaskan, semakin baik pengolahan yang dilakukan pada makanan, semakin lama makanan tetap aman meski sudah melewati tanggal kedaluwarsanya. Selain itu, semakin sedikit kadar air pada sebuah produk makanan, maka semakin lama juga makanan tersebut dapat bertahan. Ini berhubungan dengan keadaan yang membuat mikro-organisme mampu berkembang biak dalam makanan tersebut.
 
Kecuali, lanjut dia, pada produk-produk olahan daging seperti daging sandwich, hot dog, dan sosis. "Jangan makan makanan tersebut setelah melewati tanggal kedawularsanya karena sangat berisiko untuk mengandung mikro-organisme yang disebut listeria, penyebab infeksi listeriosis dan pada beberapa kasus meningitis," katanya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.