Kompas.com - 05/06/2014, 14:06 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Antibiotik merupakan penemuan yang penting dalam upaya manusia melawan infeksi bakteri. Namun ketika terpapar antibiotik, cepat atau lambat, bakteri bisa menjadi kebal terhadap antibiotik tersebut. Bukan hanya itu, antibiotik juga bisa merusak ekosistem bakteri di usus dan diduga memicu kanker usus besar.

Rusaknya keragaman bakteri usus sejak lama dikaitkan dengan risiko tinggi kanker kolorektal. Untuk mengetahui apakah ada kaitan antara konsumsi antibiotik dan kanker tersebut, para peneliti mengamati catatan medis lebih dari 22.000 pasien kanker kolorektal di Inggris dan pasien ini diikuti selama 6 tahun.

Para peneliti tidak memasukkan pasien yang punya riwayat kanker kolorektal atau penyakit peradangan usus untuk membatasi faktor-faktor yang berpengaruh pada risiko kanker.

Para peneliti lalu membandingkan jumlah antibiotik yang dikonsumsi pasien sekitar 6 bulan sebelum mereka didiagnosa kanker dengan jumlah antibiotik yang dikonsumsi 86.000 orang sehat.

Hasilnya, orang yang minum antibiotik, termasuk penisilin, quinolones dan metronidazole, risikonya sekitar 8-11 persen untuk menderita kanker. Lalu ketika dirunut hingga 10 tahun sebelum diagnosis, risiko peningkatan hanya ditemukan pada penisilin.

Tidak ditemukan kaitan antara antibiotik lain, seperti obat antivirus atau antijamur.

Penisilin meningkatkan risiko kanker usus besar karena obat ini memiliki efek pada bakteri di usus. Seperti diketahui ada lebih dari 3 triliun bakteri yang hidup di usus. Bakteri tersebut sangat penting untuk fungsi pencernaan yang normal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.