Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2014, 13:28 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com - Minyak hati ikan cod diketahui sejak lama memiliki manfaat bagi tubuh. Minyak ini merupakan sumber asam lemak omega-3 yang diketahui bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung serta baik untuk tumbuh kembang anak.
 
Karena segudang manfaatnya itu, minyak hati ikan cod banyak dijadikan bahan baku suplemen kesehatan. Namun sebenarnya minyak hati ikan cod juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran bahan pangan untuk menambah nilai gizinya. 
 
Paulus Harianto, senior scientific advisor dari PT Tempo Scan mengatakan, susu yang difortifikasi atau diperkaya dengan minyak ikan cod bisa memiliki nilai gizi lebih tinggi. Ini karena minyak ikan cod mengandung asam lemak omega-3 yang terdiri dari EPA dan DHA, vitamin A, dan D.
 
"Kandungan gizi itu penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak," ujarnya dalam peluncuran produk susu formula dan pertumbuhan di Surabaya, Kamis (19/6/2014).
 
Produk susu, khususnya susu pertumbuhan biasanya sudah diperkaya dengan vitamin-vitamin, bahkan mungkin asam lemak omega-3 sendiri. Namun menurut Paulus, minyak hati ikan cod merupakan sumber yang alami dari zat-zat gizi itu.
 
Selain lebih alami, suplemen minyak hati ikan cod juga sudah lebih dulu dikenal. Sehingga menambahkannya pada produk susu akan menambah nilai ekonomis dari produk. Konsumen tak perlu lagi membeli suplemen minyak hati ikan cod dan susu secara terpisah.
 
Penelitian menunjukkan, minyak hati ikan cod memiliki manfaat untuk pembentukan sistem saraf pusat dan fungsi visual atau penglihatan, khususnya untuk DHA. Sedangkan EPA berfungsi sebagai penghantar impuls saraf.
 
Bersama dengan vitamin A dan D, minyak hati ikan cod berguna untuk mendukung perkembangan otak, daya tahan dan pertumbuhan. Selain itu, asam lemak omega-3 juga memiliki efek anti peradangan dan anti penggumpalan darah. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com