Kompas.com - 31/07/2014, 08:10 WIB
Keju. ShutterstockKeju.
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Selain mendukung kesehatan saluran cerna, probiotik ternyata juga memiliki manfaat menurunkan tekanan darah. Mengingat besarnya manfaat si bakteri baik ini, sudah saatnya bahan pangan sumber probiotik masuk dalam daftar belanja Anda.

Selama ini mungkin kita hanya mengenal yogurt sebagai sumber probiotik, padahal masih banyak bahan pangan lain yang mengandung bakteri baik.

- Kombucha
Teh fermentasi ini sarat dengan bakteri baik. Walau belum banyak dikenal, sebenarnya minuman ini sudah ada sejak zamat dinasti kuno di Tiongkok. Teh ini dibuat dari percampuran teh hitam dengan enzim dan asam amino.

- Sayuran fermentasi
Sayuran yang difermentasi bukan hanya memiliki masa simpan lebih panjang, tapi juga memiliki bonus mengandung bakteri asam laktat yang baik. Salah satu sayuran difermentasi antara lain kimchi dari Korea.

- Miso dan tempe
Produk kedelai yang difermentasi ini juga kaya akan probiotik karena dibuat menggunakan asam laktat.

- Kefir
Bila Anda penggemar yogurt, tentu Anda sudah pernah mendengar tentang kefir. Ini adalah susu fermentasi tertua di dunia. Kefir sejak lama dipandang sebagai minuman kesehatan karena difermentasi menggunakan aneka bakteri baik.

- Keju tua
Beberapa jenis keju, seperti Gouda, cheddar, dan swis, dibuat dari bakteri asam laktat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X