Kompas.com - 21/11/2014, 15:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com
– Obesitas atau kelebihan berat badan dapat terjadi pada seseorang jika tidak menjaga pola makan dan kurang aktivitas fisik. Obesitas atau kegemukan berlebih bisa menyebabkan seseorang berisiko terkena penyakit kronis. Untuk itu, obesitas harus dicegah atau segera diatasi.

Para peneliti mengklaim bahwa minum kopi dapat mencegah seseorang terkena obesitas. Peneliti menemukan adanya zat cholorgenic acid (CGA) atau asam cholorgenic pada kopi yang dapat mengurangi resistensi insulin dan akumulasi lemak pada hati tikus yang diberi makananan tinggi lemak.

Selama 15 minggu, peneliti dari Universitas Georgia memberikan tikus makanan tinggi lemak dan mereka menyuntikkan CGA sebanyak dua kali dalam satu pekan.

Peneliti menemukan bahwa CGA tersebut tak hanya efektif mencegah berat badan seseorang bertambah, tetapi juga membantu menjaga kadar gula darah tetap normal dan organ hati yang sehat.

Penulis utama dari fakultas farmasi, dokter  Yongjie Ma mengatakan, penelitian sebelumnya menunjukkan  bahwa konsumsi kopi juga dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan kardiovaskular.

“Studi kami memperluas penelitian ini dengan tak hanya melihat senyawa bermanfaat yang banyak ditemukan pada kopi, tapi juga pada buah-buahan dan sayuran seperti apel, pir, tomat dan blueberry," kata Yongjie.

Obesitas kini menjadi perhatian di Amerika Serikat dan Inggris. Selama 20 tahun terakhir terjadi peningkatan yang cukup signifikan terhadap orang obesitas di negara tersebut.

Selain kenaikan berat dapat badan, obesitas dapat meningkatkan resistensi insulin pada tubuh, dan penumpukan lemak di hati. Jika tidak segera diobati, obesitas dapat menyebabkan diabetes dan fungsi hati hati yang buruk.

“CGA adalah antioksidan yang  dapat mengurangi peradangan. Banyak bukti menunjukkan bahwa penyakit terkait obesitas disebabkan oleh peradangan kronis,” kata Yongjie yang bekerja di laboratorium Profesor Dexi Liu, departemen ilmu farmasi dan biomedis.

Namun peneliti menegaskan bahwa CGA bukanlah obat untuk orang obesitas. Menjaga pola makan sehat dan olahraga teratur masih merupakan cara terbaik untuk mengurangi obesitas.

Akan tetapi para ilmuwan percaya CGA dapat menjadi  solusi tambahan untuk mereka yang sedang mengatasi kelebihan berat badan. Penelitian lebih lanjut harus dilakukan untuk mengembangkan formulasi CGA bagi konsumsi manusia.

"Kami tidak menyarankan orang-orang mulai minum banyak kopi untuk melindungi diri dari gaya hidup yang tidak sehat," kata Yongjie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.