Kompas.com - 07/01/2015, 19:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:

Dear dr. Wimpie,
Saya berencana menikah dengan pacar saya. Tapi belakangan saya ketahui penisnya hanya berukuran 7 cm dengan diameter sekitar 3 cm saat ereksi. Apakah dengan ukuran tersebut masih dapat berhubungan seksual? Dan apa kendala yang akan saya alami kelak apabila menikah dengan dia (dengan ukuran tersebut)?

Sebenarnya berapa ukuran minimal penis seorang pria untuk dapat berfungsi sebagaimana mestinya? Saya sangat mengharapkan jawaban dari dokter. Terima kasih banyak.

Andini (26), Jakarta

JAWAB:

Banyak orang terobsesi dengan ukuran penis. Padahal, ukuran penis tidaklah penting asal telah melewati tahap perkembangan kelamin yang normal. Tahap perkembangan kelamin tidak hanya mengenai penis, tetapi juga bagian yang lain, yaitu testis dan kelenjar kelamin.

Mengukur penis juga ada caranya. Karena itu, apakah benar ukuran penis pacar itu seperti itu, tentu tergantung apakah cara mengukurnya benar atau tidak. Andaikata sudah benar, ukuran 7 cm saat ereksi tergolong normal.

Hal yang lebih penting ialah apakah ereksinya normal dan apakah mampu mengontrol ejakulasi. Kalau Anda ragu, silakan berkonsultasi lebih jauh untuk mendapat pemeriksaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.