Kompas.com - 11/01/2015, 12:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com
– Seorang laki-laki dinilai beresiko tinggi menderita kanker prostat jika ada anggota keluarganya yang pernah terkena kanker tersebut. Sebuah penelitian menyatakan, riwayat keluarga dapat membantu memprediksi seorang laki-laki yang beresiko kanker prostat.

"Riwayat keluarga merupakan faktor risiko yang tinggi untuk kanker prostat," ujar Lisa Cannon-Albright, profesor epidemiologi genetik di Universitas Utah seperti dikutip dari Foxnews.com.

Menurut Lisa, biasanya dokter pun akan menanyakan pasien apakah ada anggota keluarga yang pernah terkena kanker prostat.

Lisa dan timnya meneliti 7,3 juta orang yang dinilai risiko kanker prostat baik dari anggota keluarga tingkat pertama, kedua, dan ketiga. Penelitian menunjukkan, sekitar 10 persen tiga kali lebih beresiko kanker prostat dan 26 persen memiliki resiko dua kali lipat dibandingkan pria yang tidak memiliki riwayat keluarga penyakit kanker prostat.

Menurut peneliti, resiko kanker prostat bisa berasal dari keluarga ayah maupun keluarga dari pihak ibu yang seorang laki-laki. Sejauh ini, untuk mendeteksi kanker prostat yaitu dengan tes prostate-specific antigen (PSA).

"Kami ingin menyelidiki ini lebih lanjut dengan memasukkan faktor-faktor lain seperti ras, status sosial ekonomi, dan diagnosis sebelumnya dengan kanker jenis lain untuk mengetahui resikonya," ujar Lisa.

Penulis studi Robert A Stephenson, seorang profesor onkologi urologi di Universitas Utah, mengatakan penelitian ini penting untuk deteksi dini kanker prostat. Penelitian ini juga berencana  mempelajari bagaimana riwayat keluarga dapat mempengaruhi resiko kanker payudara dan kanker paru-paru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.