Makan Es Krim Tercemar Listeria, 3 Orang di Kansas Meninggal

Kompas.com - 17/03/2015, 10:08 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com
– Bakteri Listeria monocytogenes kembali merengut nyawa manusia. Kali ini tiga orang di Kansas yang meninggal dunia setelah makan es krim Blue Bell Creameries yang terkontaminasi bakteri listeria.

Semantara itu, beberapa orang lainnya dirawat di rumah sakit karena terinfeksi bakteri ini. Produksi es krim itu pun telah ditarik dari pasaran. Lantas bagaimana bisa es krim yang dingin tercemar bakteri listeria?

Bakteri listeria dapat tetap hidup pada suhu rendah, bahkan pada suhu 40 derajat Fahrenheit. Menurut the Food and Drug Administration (FDA), semakin lama makanan siap saji didinginkan atau disimpan di lemari es, maka semakin mudah bakteri untuk berkembang biak.

"Ini masalah bagi makanan dingin seperti es krim dan keju," kata Bill Marler, seorang pengacara keamanan pangan dari Washington.

The FDA menemukan adanya kontaminasi bakteri listeria pada satu jalur produksi es krim Blue Bell Creameries di Brenham, Texas. Diduga, bakteri tersebut terkontaminasi melalui mesin produksi es krim.

Kasus es krim terkontaminasi bakteri listeria bukan yang pertama kalinya terjadi di Amerika. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika, sekitar 1.600 orang Amerika jatuh sakit karena terinfeksi bakteri listeria setiap tahunnya.

Baru-baru ini bakteri listeria juga terkontaminasi pada apel dari California yang menyebabkan 35 orang di 12 negara jatuh sakit dan 7 orang meninggal dunia.

Bakteri listeria juga pernah tercemar pada keju dan produk susu yang dihasilkan oleh Oasis Brands, Inc. yang menyebabkan lima orang sakit dan satu orang meninggal dunia. Sebanyak enam orang juga pernah terinfeksi dari produk keju Crave Brothers Farmstead Cheese Company. Satu diantaranya meninggal dunia.

Jika termakan dalam jumlah sedikit, bakteri ini sebenarnya tidak berbahaya bagi orang yang sehat. Namun, berbahaya bagi orang yang daya tahan tubuhnya lemah, ibu hamil, dan anak-anak. 


Sumber TIME.com
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X