Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2015, 15:13 WIB

KARANGANYAR, KOMPAS — Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menyatakan, pemerintah mendorong dan mendukung saintifikasi jamu. Itu sebagai upaya melestarikan dan membudayakan jamu dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk melindungi jamu tradisional dan jamu hasil riset modern, Puan meminta jamu segera dilindungi. Pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk memproses paten jamu secara cepat. "Jangan sampai ada (negara lain) yang mengklaim, jangan sampai dipaten mereka," kata Puan saat meluncurkan lima jamu saintifik hasil riset Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (31/3).

Lima jamu saintifik yang diluncurkan adalah jamu hermorhoid guna mengobati penyakit wasir, jamu untuk dispepsia (nyeri lambung), jamu untuk osteoartritis (nyeri sendi), hipertensi ringan, dan jamu untuk hiperurisemia (kadar asam urat tinggi). Puan minta jamu saintifik hasil riset itu dimanfaatkan dalam pelayanan kesehatan umum sesuai Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan Peraturan Pemerintah Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional.

Jamu merupakan warisan budaya bangsa. Karena itu, kata Puan, semua elemen, baik pemerintah, akademisi, dunia usaha, maupun komunitas masyarakat, diharapkan selalu mempromosikan jamu sebagai tradisi dan budaya kesehatan bangsa.

Puan menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi langsung dengan Menteri Pertanian agar fokus mengembangkan pertanian tanaman obat. Pengembangan jamu akan membantu petani tanaman obat. Tanaman obat juga memiliki potensi ekspor besar.

Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama, penelitian jamu saintifik di B2P2TOOT Tawangmangu dilakukan sangat ilmiah, dari proses meneliti tanaman di laboratorium hingga uji klinis. Jamu saintifik campuran beberapa tanaman misalnya jamu hipertensi campuran daun kumis kucing, pegagan, dan seledri.

Selama ini, masyarakat tahu khasiat jamu berdasarkan pengalaman empiris. Menurut penelitian sosiologi kesehatan 2010, 59,84 persen orang Indonesia mengonsumsi jamu. (RWN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com