Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/05/2015, 16:40 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Asupan nutrisi sangat penting bagi ibu hamil untuk perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Selain konsumsi makanan bergizi, tambahan nutrisi untuk ibu hamil bisa didapatkan dari susu khusus untuk ibu hamil.

Sayangnya, tak semua ibu hamil menyukai minum susu, karena merasa mual saat meminumnya. Bagaimana mengatasinya?

Dokter Tria Rosemiatri, Medical Affairs Manager Sarihusada mengatakan, makanan ringan bisa membantu mengurangi mual saat minum susu. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat.

"Coba konsumsi makanan ringan dulu sebelum minum susu," kata Tria dalam acara peluncuran Presinutri di Jakarta, Senin (11/5/2015).

Menurut Tria, rasa mual saat minum susu juga bisa terjadi pada ibu hamil yang tidak kuat konsumsi laktosa, yaitu salah satu kandungan dalam susu.

Ibu hamil bisa menyesuaikan takaran susu secara bertahap agar tidak mual. Mulai dari yang sedikit hingga takaran yang dianjurkan setiap konsumsi susu. Selain itu, ada varian rasa yang bisa dipilih ibu hamil untuk mengurangi rasa mual, seperti rasa buah-buahan maupun cokelat atau vanila.

Tria mengatakan, konsumsi susu pun sebaiknya pada pagi dan malam hari. Karena, malam hari, penyerapan akan lebih mudah. Konsumsi susu ibu hamil juga tidak boleh berlebihan, agar tidak menjadi obesitas.

Konsumsi susu ibu hamil bisa dimulai sejak adanya janin dalam kandungan. Hal ini membantu ibu tetap sehat dan perkembangan janin optimal. Pasalnya, gizi yang terkandung di dalam susu sangat bermanfaat, diantaranya kalori yang bisa menjadi sumber energi tambahan untuk ibu hamil dan AHA/DHA sebagai komponen penyusun membran sel otak janin. Inilah sebabnya, bayi membutuhkan nutrisi sejak dalam kandungan, bukan hanya setelah lahir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com