Kompas.com - 12/08/2015, 17:33 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Meski usia tak lagi muda, aktivitas fisik secara teratur tetap penting dilakukan untuk menjaga kesehatan Anda. Olahraga dapat mencegah banyak masalah kesehatan yang datang karena usia. Juga membantu otot tetap kuat, sehingga Anda dapat tetap melakukan aktivitas sehari-hari tanpa menjadi tergantung pada orang lain.

Tidak melakukan aktivitas fisik bisa berdampak buruk bagi tubuh. Perlu diingat, melakukan sedikit aktivitas fisik lebih baik daripada tidak sama sekali. Derajat kesehatan Anda juga akan meningkat karena aktivitas fisik yang Anda lakukan.

Jika usia Anda 65 tahun ke atas, secara umum sehat dan tidak memiliki keluhan kesehatan yang menghalangi, ikutilah panduan olahraga dari Central for Disease Control & Prevention, Amerika Serikat, ini.

 

Warga senior perlu melakukan Paket olahraga 1:

- Latihan aerobik minimal 2,5 jam perminggu dengan intensitas moderat (misal: jalan santai).

- Latihan kekuatan seluruh otot tubuh minimal dua kali seminggu (misal: menggerakkan dan meregangkan tangan, kaki, pinggang, dada, dan leher).

 

Atau melakukan Paket Olahraga 2:

- Latihan aerobik yang lebih dinamis minimal 1 jam 15 menit (75 menit) perminggu (joging atau lari)

-  Latihan kekuatan seluruh otot tubuh minimal dua kali seminggu (misal: menggerakkan dan meregangkan tangan, kaki, pinggang, dada, dan leher).

 

Atau melakukan Paket Olahraga 3:

- Gabungan antara latihan aerobik Paket 1 dan 2 selama minimal 1,5 jam perminggu

- Latihan kekuatan seluruh otot tubuh minimal dua kali seminggu (misal: menggerakkan dan meregangkan tangan, kaki, pinggang, dada, dan leher)

Pilihlah satu dari ketiga paket olahraga tersebut di atas dan lakukan dengan rutin. Jika Anda memiliki keluhan kesehatan sehubungan dengan pelaksanaannya, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter .

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.