Kompas.com - 13/08/2015, 20:02 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

 

KOMPAS.com – Penuaan merupakan proses alami yang tak dapat dihindari. Akan tetapi, proses penuaan bisa diperlambat, sehingga seseorang tetap terlihat awet muda dan tetap lincah menjalankan aktivitas.

Sangat disayangkan jika dalam usia muda, tubuh menua lebih cepat. Kebiasaan hidup tidak sehat adalah penyebab utamanya, seperti kurang olahraga, merokok, dan pola makan yang buruk. Berikut tanda-tanda Anda mengalami penuaan lebih cepat.

Sangat kelelahan setiap naik tangga

Selalu merasa kelelahan atau ngos-ngosan setiap kali naik tangga? Ini menjadi salah satu tanda Anda menua di usia muda. Sebelum memasuki usia 30 tahun, Anda seharusnya bisa lebih gesit ketika naik tangga. Rajinlah berolahraga agar tubuh sehat dan bugar.

Kadar testoteron menurun

Seiring bertambahnya usia, kadar testoteron pria perlahan akan menurun. Nah, bagaimana dengan Anda yang masih muda? Jika Anda mulai tidak bisa memuaskan istri saat berhubungan seksual, bisa jadi karena kadar tertoteron rendah. Namun, mungkin saja ada penyebab lainnya dan Anda harus konsultasi ke dokter untuk memastikannya.

Butuh waktu lama untuk sembuh dari penyakit

Masih muda sudah sering sakit-sakitan? Mungkin sistem kekebalan tubuh Anda menurun.  Hal ini juga bisa membuat Anda akan lama sembuh dari sakit. Seperti diketahui, makin tua, kekebalan tubuh manusia akan menurun.  

Rambut sering rontok

Saat tua, rambut seseorang akan lebih tipis dibanding saat muda. Jika masih muda sudah sering mengalami rambut rontok, bisa jadi tanda gaya hidup Anda yang buruk.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.