Kompas.com - 28/08/2015, 08:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Di antara kesibukan menyiapkan diri sebelum beraktivitas, buang air besar mungkin menjadi aktivitas rutin Anda setiap pagi. Tapi terkadang rutinitas itu terganggu.

Pengganggu rutinitas itu bisa karena Anda sedang bepergian ke luar kota atau luar negeri yang memiliki zona waktu berbeda, atau mungkin karena dalam beberapa hari terakhir pola makan Anda kurang serat. Namun sembelit sebaiknya tidak diabaikan. BAB yang kurang lancar juga bisa menjadi adanya gangguan pencernaan.

Berikut adalah beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk membuat rutinitas "ke belakang" lebih lancar, terutama jika Anda harus melakukan aktivitas yang jauh dari toilet setelahnya.

- Minum kopi
Banyak orang yang memilih strategi minum kopi di pagi hari untuk melancarkan BAB-nya. Sebenarnya selain kopi semua minuman hangat bisa membantu merangsang pergerakan usus sehingga perut menjadi mulas. Minuman hangat bisa berperan seperti vasodilator, ia melebarkan pembuluh darah di sistem pencernaan dan meningkatkan aliran darah serta aktivitas usus.

- Bergerak
Aktivitas fisik sangat penting untuk mencegah sembelit. Para pelari biasanya melakukan pemanasan setelah bangun tidur untuk merangsang gerakan usus sehingga mereka bisa ke toilet sebelum mengikuti kompetisi lari.

- Bangun lebih pagi
Jika Anda memiliki aktivitas penting di pagi hari, misalnya harus mengejar pesawat pagi atau ada presentasi penting, bangunlah lebih awal sehingga seluruh rutinitas pagi bisa dilakukan, termasuk BAB.

- Pijatan
Penelitian menunjukkan, pijatan lembut di bagian perineum, area antara organ genital dan anus, bisa membantu memecah dan melembutkan tinja untuk orang yang sering mengalami sembelit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.