Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2015, 11:55 WIB

KOMPAS.com - Sebagian orang memiliki jenis kulit kering. Ini disebabkan kurangnya produksi minyak alami yang dikenal dengan sebum. Produksi sebum yang tidak memadai, membuat tingkat kelembaban kulit minim. Kulit kering biasanya akan terasa gatal, bersisik, dan perih. Berikut ini perawatan tepat untuk kulit kering agar kondisi kulit lebih sehat.

Gunakan pembersih wajah yang lembut untuk mempertahankan minyak alami

Bersihkan dan cucilah kulit wajah setiap hari. Ini akan menyingkirkan berbagai kotoran yang dapat menutupi pori-pori. Tapi, bagi Anda yang berkulit kering, berhati-hatilah, karena setiap saat Anda mencuci wajah, itu berarti di saat yang sama Anda juga menyingkirkan elemen kelembaban dari kulit Anda.

Jika Anda berpikir “Haruskah berhenti mencuci wajah setiap hari?” Jawabannya, tidak. Mencuci wajah setiap hari sangatlah penting untuk menjaga kulit tetap bersih dan segar. Namun, memang sebaiknya menggunakan sabun yang lembut, yang memiliki kandungan pelembab. Ini akan menjaga kelembaban di kulit Anda.

Tambahkan sedikit tetesan minyak saat mandi

Siapa yang tak suka menghabiskan waktu berendam di bathtub setelah melalui hari yang melelahkan? Jika Anda termasuk orang yang senang melakukan ini, Anda bisa menambahkan satu sendok teh jojoba oil atau almond oil. Kulit Anda akan tetap lembab selama berendam dan saat selesai mandi, kulit takkan kering seketika. Lakukan ini dua kali seminggu dan kulit akan terasa lebih lembab.

Minum lebih banyak air

Banyak orang yang baru minum ketika dirinya merasa haus. Inilah kesalahan yang sering dilakukan. Masalahnya, merasa haus adalah tanda awal Anda dehidrasi. Jadi, mengapa harus menunggu haus untuk minum air atau jus favorit Anda?  Para pakar merekomendasikan untuk minum 7-8 gelas per hari. Lebih dari itu, jika secara fisik Anda sangat aktif.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh akan menjaga kelembaban kulit. Namun, bagaimanapun juga jangan pernah berpikir bahwa dengan minum sebotol air maka masalah kulit kering dapat teratasi. Ini hanyalah salah satu cara mengatasinya.

Tambahkan pelembab dalam rutinitas harian

Biasanya pemilik jenis kulit kering, sering merasakan gatal pada kulitnya. Pasalnya, kulit kering sangat sensitif dan membutuhkan perawatan khusus. Langkah pertama, siapkan pelembab berkualitas baik. Langkah kedua, oleskan pelembab pada kaki, tangan, pundak, bahu, leher, dan wajah di mana itulah bagian tubuh dengan kulit terkering. Pelembab akan membuat kulit terasa lembut dan kenyal.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda bisa mengoleskan pelembab ketika kulit dalam kondisi setengah lembab. Setelah mandi atau berendam adalah saat terbaik. Daripada menggosok kulit dengan handuk, lebih baik menepuk-nepuk lembut agar kulit tetap sedikit basah. Anda juga bisa mengoleskan minyak kelapa, jojoba oil, shea butter, dan sejenisnya untuk melembabkan kulit.

Hindari air keran untuk membersihkan wajah

Air keran biasanya mengandung klorin, fluoride dan berbagai zat kimia lain yang tak diinginkan. Akan lebih baik jika Anda menggunakan air mineral kemasan aau air yang sudah disaring untuk membersihkan wajah. Tak ada air mineral? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan losion pembersih yang bebas alcohol dan memiliki kandungan alami.

Hati-hati eksfoliasi

Kulit kering umumnya bersisikdan tak mulus. Hindari “menyerang” area-area itu dengan scrubber. Ada baiknya melakukan pengelupasan seminggu sekali. Jangan terburu-buru saat melakukannya. Siapkan waktu khusus, lakukan pengelupasan, pijat dengan minyak, dan setelah itu oleskan pelembab pada kulit.

Saat terbaik melakukan ini adalah menjelang tidur. Ini akan membuat kulit menyerap kelembaban dan kult akan terasa lebih lembut ketika Anda bangun di pagi hari.

Hindari berbagai kebiasaan buruk

Rokok, kafein, dan alkohol adalah penyebab kulit kering. Usahakan untuk menghindari kebiasaan buruk ini. Apalagi rokok, bukan hanya buruk untuk kulit, juga buruk untuk kesehatan seluruh tubuh Anda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com