Kompas.com - 13/10/2015, 07:27 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sudah banyak penelitian yang memaparkan manfaat secangkir kopi hitam bagi kesehatan tubuh. Sayangnya, “teman” si kopi hitam lah yang kadang membuat kadar sehatnya menjadi berkurang.

Misalnya saja, saat Anda menambahkan krimer dan gula, secangkir kopi hitam yang sehat seketika berubah menjadi minuman penuh lemak dan gula. Bahkan, jenis kopi susu manis yang banyak dijual di coffee shop, memiliki sekitar 550 kalori per gelas ukuran sedang.

Ketimbang sering-sering menambahkan gula pada kopi, beberapa pilihan pemanis sehat ini bisa membuat secangkir kopi Anda terasa lebih manis, tanpa mengurangi manfaat sehatnya.

1. Susu almond. Entah Anda menggemari susu sapi atau malah sedang menghindari segala macam olahan susu, yang pasti susu almond dinilai memiliki kalsium yang sama tingginya dengan susu sapi biasa dan hanya memiliki 30 kalori per cangkir. Menjadi pengganti susu atau krimer yang lebih sehat. Sensasi manis alami yang dihasilkan susu almond, akan membuat kopi hitam menjadi tak begitu pekat di lidah.

2. Kayu manis. Bila Anda mencari pemanis dengan kalori yang paling rendah dan memiliki aroma manis yang kuat, potongan kayu manis bisa menjadi jawaban. Walau tak terasa manis di lidah, namun aroma manisnya bisa mengurangi pekatnya rasa kopi.

3. Homemade healthy creamer. Ketimbang membeli krimer instan dengan kandungan lemak tinggi, membuat krimer sehat bisa dengan mudah Anda lakukan di rumah. Cukup campurkan susu almond dengan beberapa sendok sari kurma. Rasanya bahkan mengalahkan kelezatan krimer buatan pabrik. Setelah jadi, Anda bisa menyimpannya di kulkas selama maksimal 4 hari sebagai pemanis pengganti gula untuk secangkir kopi.

4. Madu. Walau kalorinya lebih tinggi ketimbang gula, setidaknya madu memiliki kandungan antioksidan. Menambahkan satu sendok makan madu dan secangkir kopi di pagi hari, bisa menjadi penambah energi yang sehat.

5. Sirup maple. Sirup yang satu ini tak hanya bisa menjadi sahabat baik pancake, namun juga untuk secangkir kopi. Walau tak semanis gula, cita rasa buah maple akan memberikan pengalaman berbeda dalam menikmati kopi.

6. Unsweetened cocoa powder. Anda tak perlu menjadi pecinta cokelat untuk mendapatkan manfaat phenylethylamine, yaitu senyawa yang mampu menciptakan rasa bahagia seperti saat jatuh cinta. Tinggal taburkan bubuk cokelat tanpa rasa pada secangkir kopi, segala manfaat baik cokelat dan kopi bisa Anda dapatkan sekaligus.

7. Ekstrak vanila. Sama seperti bubuk cokelat dan kayu manis, ekstrak vanila bisa membuat sensasi menyeruput kopi menjadi lebih manis karena aroma. Cukup tambahkan setetes pada cangkir kopi dan nikmati sensasi manis yang sehat.

 


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X