Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/10/2015, 09:03 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Saat Anda dikejar deadline, masalah-masalah yang tak ada habisnya, atau terjebak dalam situasi sulit, menenangkan pikiran adalah langkah pertama dan terpenting untuk bisa mengambil kendali.


Ada sebuah teknik yang dipercaya bisa membantu Anda merasa jauh lebih rileks, sehingga dapat berpikir jernih di tengah kekacauan itu, yaitu ambillah napas panjang lalu hembuskan.

Mungkin terdengar klise, sebab Anda tak benar-benar merasakan efeknya selama ini. Namun menurut Andrew Weil, MD, pendiri dan direktur Arizona Center for Integrative Medicine, menarik napas panjang dengan tepat sangat ampuh untuk menurunkan tekanan darah dan detak jantung, membuat suasana hati jauh lebih tenang, sehingga bisa membantu Anda berpikir lebih jernih dan positif hanya dalam 2 menit. “Bila Anda tak merasakan manfaatnya, mungkin Anda salah melakukannya.”

Andrew menyarankan Anda untuk melakukan teknik pernafasan “4-7-8”. Caranya, tutup mulut Anda dan tarik napas melalui hidung selama 4 hitungan. Lalu tahan napas selama 7 hitungan. Kemudian buang napas selama 8 hitungan. Ulangi kegiatan ini setidaknya 3 kali, bila memungkinkan tutuplah mata Anda untuk bisa merasakan ketenangan lebih.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Christina Vestergaard, MD, MPH, pulmonologist di Massachusetts General Hospital. Menurutnya, mengambil napas secara penuh mampu menekan syaraf-syaraf yang berhubungan dengan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga dapat membantu tubuh untuk merasa lebih rileks.

Di samping, membuat seseorang fokus ke dirinya sendiri dan mampu melupakan hal-hal di sekitar dalam sejenak. Sehingga, otak memiliki kesempatan untuk beristirahat.

Tak hanya saat mengambil napas, menahan napas pun mampu memberikan sensasi santai bagi tubuh. Saat Anda menahan napas, tubuh akan meningkatkan karbon dioksida dalam aliran darah yang mampu merenggangkan pembuluh darah. Sehingga, Anda bisa terhindar dari kasus kepala pusing saat banyak pikiran.

Bahkan, banyak orang yang tak sadar kalau mereka sering menahan napas kala menonton adegan paling seru di film favorit. Itu bisa menjadi cara untuk membantu otak dalam mengurangi stres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com