Kompas.com - 30/10/2015, 09:03 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Tumpukan lemak perut terasa begitu menjengkelkan saat celana atau dress yang biasa Anda kenakan terasa semakin sempit. Menjalani diet atau memupuk niat untuk rutin berolahraga bisa menjadi jalan terbaik.


Sayangnya, sebagian orang merasa bahwa kedua cara tersebut ibarat sebuah “penyiksaan” kecil, karena membutuhkan pengorbanan seperti memangkas makanan favorit atau bangun lebih pagi untuk berolahraga.

Bila Anda sering terjebak dalam situasi di mana Anda ingin mendapati perut langsing, namun kesulitan untuk melakukan usaha tersebut, para ilmuwan baru saja menemukan cara yang lebih sederhana.

Dalam studi yang baru saja dipublikasikan dalam International Journal of Behavioral Medicine, ilmuwan mendapati, orang-orang yang sadar dan fokus pada apa yang sedang mereka kerjakan dan tidak membiarkan hal lain mengacaukan kegiatan tersebut, secara signifikan lebih mudah mengurangi lemak perut, ketimbang mereka yang tidak atau sulit fokus terhadap apa yang mereka kerjakan.

Untuk mendapatkan hasil tersebut, ilmuwan terlebih dahulu mengukur indeks massa tubuh dan jumlah lemak pinggul dan perut pada 394 responden pria dan wanita kelahiran tahun 1959-1974. Para ilmuwan memberi mereka 15 pertanyaan yang akan digunakan untuk mengukur tingkat kesadaran saat melakukan sesuatu.

Setelah itu, ilmuwan juga meneliti variabel gaya hidup lain, yaitu jenis kelamin, usia, dan kebiasaan merokok. Lalu hasil keseluruhan dikaitkan dengan jumlah lemak tubuh dan berat badan masing-masing responden.

Dengan kata lain, saat responden fokus terhadap apa yang mereka makan, bagaimana bentuk, warna, dan rasa makanan tersebut, dan menikmati setiap suapan serta gigitan, kebiasaan itu akan memudahkan mereka dalam menurunkan jumlah lemak di tubuh.

Pasalnya, fokus terhadap makanan akan membuat Anda cepat merasa puas dan mudah kenyang, sehingga mengurangi risiko makan terlalu banyak.

Walau diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendapati manfaat lain yang mungkin didapatkan, ilmuwan percaya bahwa berada di tingkat kesadaran yang tinggi saat makan dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Jadi, makan di depan televisi, makan sambil bicara dengan rekan, makan di meja kerja seraya melanjutkan pekerjaan, dianggap sebagai kebiasaan yang bisa menyulitkan Anda dalam mengurangi jumlah lemak perut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.