Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengkhawatirkan, Diabetes Banyak Diderita Orang Muda

Kompas.com - 14/11/2015, 15:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Prevalensi pengidap diabetes di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF), 9 juta penduduk Indonesia hidup dengan diabetes. Yang mengkhawatirkan, diabetes banyak terjadi pada usia produktif.

"Posisi usia penyandang diabetes tidak berubah-ubah. Paling banyak usia produktif. Kalau terus terjadi, banyak kehilangan sumber daya manusia berkualitas karena menurunnya produktivitas," ujar Ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) Achmad Rudjianto dalam jumpa pers Hari Diabetes Sedunia di Jakarta, Sabtu (14/11/2015).

Rudjianto mengungkapkan, tingginya angka diabetes di Indonesia akibat perubahan gaya hidup. Banyak orang-orang di usia produktif konsumsi makanan berlebihan, makanan cepat saji, kurang bergerak, tak pernah berolahraga, dan merokok.

Tanpa disadari, pola hidup tersebut sebenarnya mengundang penyakit diabetes. Penyakit ini jarang disadari karena berkembang perlahan dan tidak bergejala.

Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Lily S Sulistyowati menambahkan, tingginya penyandang diabetes, khususnya di usia produktif, akan meningkatkan disabilitas, kematian dini, dan beban biaya kesehatan.

Hal ini tentu akan mengancam bonus demografi di Indonesia. Sejak adanya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), angka berobat ke fasilitas kesehatan mengalami peningkatan secara drastis.

Diabetes menenpari posisi keenam sebagai penyakit dengan beban ekonomi kesehatan tinggi. "Jadi upaya promotif dan preventif saat ini lebih kita kedepankan dibanding pengobatan," kata Lily.

Diabetes telah menjadi permasalahan di dunia. Saat ini, menurut data IDF, sekitar 320 masyarakat di dunia adalah penyandang diabetes. Jika dibiarkan, kasus diabetes di dunia diperkirakan akan meningkat menjadi 529 juta jiwa pada tahun 2035.

Pada Hari Diabetes Sedunia yang jatuh pada hari ini, pemerintah Indonesia menekankan pada pentingnya menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah diabetes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com