Kompas.com - 15/11/2015, 13:07 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Anda termasuk pecinta teh? Berbahagialah anda yang hobi minum teh, karena Dewan Kesehatan di Belanda baru saja menerbitkan pedoman baru yang menyarankan, agar orang-orang minum tiga sampai lima cangkir teh dalam sehari.

 

Eert Schoten, juru bicara dewan kesehatan mengatakan, bahwa dalam berbagai literatur ilmu pengetahuan selama sepuluh tahun terakhir, ada tanda yang jelas bahwa minum teh memberikan efek yang baik untuk kesehatan.

 

Ia juga mengatakan, meminum tiga sampai lima cangkir sehari bisa mengurangi tekanan darah, diabetes, dan stroke. Itulah alasan kenapa minum teh masuk dalam pedoman tersebut.

 

Beberapa studi terbaru juga melihat, bahwa konsumsi teh jangka panjang sebanyak tiga sampai lima cangkir berhubungan dengan berkurangnya risiko penyakit jantung dan stroke.

 

Di dalam pedoman tersebut, dinyatakan bahwa teh yang diminum harus teh hitam atau teh hijau.

 

Teh hijau memiliki kandungan asam amino bernama theanin yang berfungsi untuk melawan depresi. Kandungan antioksidan dalam teh hijau juga diklaim bisa membantu melawan kanker payudara, paru-paru dan lambung.

 

Selain itu, satu gelas teh hijau diklaim bisa melindungi dari demensia dan Alzheimer’s juga memperbaiki tingkat kolesterol. Istimewa bukan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.