Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/12/2015, 15:07 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Makan berlebih bisa mendekatkan seseorang pada kegemukan bahkan obesitas, penyakit gula, kolesterol yang mengganggu kesehatan darah dan jantung.

Bila kini Anda merasa nafsu makan Anda begitu sulit diredam, selalu ingin makan lagi dan lagi, berita baiknya Anda tak sendiri. Ahli gizi Julie Upton, RD, dari Appetite For Health memberikan 5 kiat ini pada para pasiennya.


1. Isi perut dengan protein.

Protein membantu Anda menambah dan mempertahankan energi sepanjang hari. Jika Anda membutuhkan beberapa inspirasi makanan rendah kalori, sarapan tinggi protein bisa menjadi pilihan.

Ketimbang mengonsumsi banyak karbo yang membuat Anda gampang lelah dan lapar kembali, pastikan porsi protein lebih besar ketimbang karbo untuk makan siang maupun malam.


2. Minum lebih banyak air.

Rasa lapar yang menggila bisa disebabkan karena tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Memastikan untuk meminum segelas air setiap jam, bisa menghindari Anda memakan camilan yang tidak perlu.


3. 
Lebih banyak gerak.

Lupakan sugesti bahwa banyak gerak atau olahraga bisa membuat Anda gampang lapar. Sebaliknya, bergerak aktif akan membantu tubuh memperbaiki metabolisme, sehingga membuat Anda tak gampang lapar.


4. 
Minum teh saat sore.

Ganti kebiasaan ngemil di sore hari dengan secangkir teh mint hangat. Aroma mint mampu memuaskan rasa lapar dan membantu Anda merasa kenyang tanpa perlu makan banyak camilan.


5. 
Makan sedikit sebanyak 5 kali.

Dua atau tiga kali makan dalam porsi besar adalah awal bencana. Sebab, Anda akan merasa tidak puas saat makan sedikit. Sehingga, persering waktu makan Anda, dan santap setengah porsi dari biasanya. Ini akan membuat “makan gila” Anda berangsur sembuh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com