Kompas.com - 15/12/2015, 15:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Makan berlebih bisa mendekatkan seseorang pada kegemukan bahkan obesitas, penyakit gula, kolesterol yang mengganggu kesehatan darah dan jantung.

Bila kini Anda merasa nafsu makan Anda begitu sulit diredam, selalu ingin makan lagi dan lagi, berita baiknya Anda tak sendiri. Ahli gizi Julie Upton, RD, dari Appetite For Health memberikan 5 kiat ini pada para pasiennya.


1. Isi perut dengan protein.

Protein membantu Anda menambah dan mempertahankan energi sepanjang hari. Jika Anda membutuhkan beberapa inspirasi makanan rendah kalori, sarapan tinggi protein bisa menjadi pilihan.

Ketimbang mengonsumsi banyak karbo yang membuat Anda gampang lelah dan lapar kembali, pastikan porsi protein lebih besar ketimbang karbo untuk makan siang maupun malam.


2. Minum lebih banyak air.

Rasa lapar yang menggila bisa disebabkan karena tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Memastikan untuk meminum segelas air setiap jam, bisa menghindari Anda memakan camilan yang tidak perlu.


3. 
Lebih banyak gerak.

Lupakan sugesti bahwa banyak gerak atau olahraga bisa membuat Anda gampang lapar. Sebaliknya, bergerak aktif akan membantu tubuh memperbaiki metabolisme, sehingga membuat Anda tak gampang lapar.


4. 
Minum teh saat sore.

Ganti kebiasaan ngemil di sore hari dengan secangkir teh mint hangat. Aroma mint mampu memuaskan rasa lapar dan membantu Anda merasa kenyang tanpa perlu makan banyak camilan.


5. 
Makan sedikit sebanyak 5 kali.

Dua atau tiga kali makan dalam porsi besar adalah awal bencana. Sebab, Anda akan merasa tidak puas saat makan sedikit. Sehingga, persering waktu makan Anda, dan santap setengah porsi dari biasanya. Ini akan membuat “makan gila” Anda berangsur sembuh.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber POP SUGAR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.