Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2015, 18:57 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Anda mungkin rela melakukan beragam nasihat diet demi menuju berat badan yang diinginkan. Sayangnya, ada beberapa langkah diet yang masih saja popular, namun dinilai tidak efektif. Berisiko membuat berat badan sulit turun dan gampang naik. Jadi, inilah saatnya untuk meng-update nasihat “kuno” menjadi lebih baru.

 

1. Nasihat lama: jangan makan lewat dari jam 7 malam.

Jam berapa Anda berhenti makan, nyatanya tidak ada hubungannya dengan berapa banyak berat badan yang akan turun karenanya.

Ketimbang memaksakan diri untuk tidak makan malam, yang kadang membuat Anda memutuskan makan banyak di sore hari atau di tengah malam saat rasa lapar tak bisa ditahan, sebaiknya batasi kalori yang masuk setelah jam 7 malam. 

Misalnya, setelah jam 7 malam, Anda hanya memperbolehkan diri untuk mengonsumsi makanan sehat rendah kalori seperti buah-buahan.

 

2. Nasihat lama: latihan kardio adalah yang terbaik untuk menurunkan berat badan.

Kardio seperti berlari cepat selama 30 menit mampu membakar sekitar 270 kalori, namun kardio saja tidak cukup untuk kesuksesan diet. Pastikan untuk menyertakan latihan beban.

Pasalnya, otot yang terlatih bisa meningkatkan metabolisme yang nantinya membantu Anda membakar kalori lebih banyak.

 

3. Nasihat lama: timbang berat badan setiap hari agar berat badan terkontrol.

Meskipun kegiatan ini bisa membantu, namun menemukan berat badan yang tak kunjung turun bisa saja membuat Anda frustasi. Dan akhirnya menganggap kalau makan salad buah saat malam tidak membawa hasil, membuat Anda kembali pada kebiasaan lama yang kurang sehat.

Menimbang berat badan seminggu sekali terbilang cukup dan sehat. Yang perlu dilakukan setiap hari ialah memonitor seberapa sering Anda berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

 

4. Nasihat lama: Anda bebas makanan apa saja selama rutin berolahraga.

Intinya, bila kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak ketimbang kalori yang keluar, Anda tetap saja akan menjadi gemuk. Sehingga mengontrol banyaknya porsi makanan yang dimakan sangatlah penting walau Anda rutin berolahraga.

 

5. Nasihat lama: membeli celana 1 ukuran lebih kecil untuk memotivasi.

Motivasi ini terdengar kejam bagi diri sendiri. Akan lebih positif bila Anda menghadiahi diri dengan kelas yoga santai atau manicure bila mampu mengurangi berat 2-3 kilogram.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com