Kompas.com - 03/01/2016, 12:05 WIB
ilustrasi Shutterstockilustrasi
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Bagi mereka yang tidak biasa atau baru pertama kali melakukan donor darah, kerap terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti lemas, pusing, hingga pingsan.

Namun, kini tak perlu khawatir karena penelitian di Amerika Serikat menyebutkan, bahwa air putih penting bagi pendonor darah untuk menghindari hal-hal buruk tersebut.

Seorang ilmuwan dari Palang Merah Amerika Serikat melakukan penelitian, dimana ia mengatakan bahwa sebelum mendonorkan darah kita wajib mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak.

Hal ini, agar terhindar dari risiko lemas dan pingsan. Paling tidak, kita harus minum air putih sekitar setengah liter sebelum donor darah, ini akan mengurangi risiko hingga 20%.

Mengapa air putih dapat berpengaruh dalam mencegah dampak buruk dari donor darah? Ini dikarenakan air, merupakan substansi kehidupan yang dapat menyegarkan tubuh dari dahaga.

Air akan meningkatkan aktivitas kerja sistem saraf simpatik (otonom), yang membuat orang menjadi lebih segar, waspada, tenang, dan dapat meningkatkan tekanan darah serta memberi lebih banyak energi.

Penelitian juga menunjukkan, seseorang yang kekurangan air sebelum donor darah akan mengalami penurunan tekanan darah dan inilah yang kemudian menjadi faktor seseorang dapat pingsan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan demikian, dapat dilihat bahwa air putih penting bagi pendonor darah karena berperan potensial dalam jaringan tubuh. Mendonorkan darah merupakan tindakan mulia, dimana kita dapat menolong banyak jiwa yang membutuhkannya. Jadi, jangan takut untuk berdonor darah!


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X