Kompas.com - 17/01/2016, 20:17 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Tingkat kepuasan seksual pada pasangan dapat menurun setelah hubungan berjalan satu tahun. Begitu penemuan sebuah studi dari Jerman.

Peneliti dari Ludwig Maximillian University, Munich mencari tahu berapa lama pasangan merasa puas secara seksual dalam sebuah relasi.

Mereka memakai data the German Family Panel Data Study yang melibatkan 3.000 orang yang berkomitmen dalam sebuah hubungan percintaan dan berusia antara 25-41. Peserta penelitian itu diminta untuk melaporkan seberapa bahagia mereka dengan kehidupan seks mereka.

Studi yang diterbitkan di jurnal Archives of Sexual Behavior itu menemukan kepuasan seks meningkat dalam satu tahun berjalannya sebuah hubungan. Namun, kepuasan itu menurun setelah satu tahun.

Meskipun hasil penelitian itu tidak mengatakan perkawinan dan hidup bersama memengaruhi kepuasan seks, yang tentu berlawanan dengan penelitian-penelitian sebelumnya. Adanya anak-anak juga tampaknya tidak memengaruhi.

Pertengkaran dan perselisihan pendapat yang menjadi akar penyebab penurunan kepuasan seks. Hal ini terlihat pada kepuasan yang menurun setiap terjadi peningkatan perselisihan. Bahayanya, pasangan cenderung berhenti belajar mengenali kebutuhan satu sama lain setelah hubungan berusia satu tahun.

"Kami tidak menemukan anak berperan besar pada kepuasan seks pasangan suami istri. Riset juga membuktikan, bahwa frekuensi seks amat dipengaruhi keberadaan dan usia anak-anak," kata peneliti Claudia Schmiedeberg.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.