Kompas.com - 15/04/2016, 14:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Anda mungkin berpikir bahwa bayi yang tidur dengan bantal akan mengalami saat tidur yang lebih nyenyak. Namun, bayi yang tidur menggunakan bantal sangat berisiko menimbulkan kematian mendadak.

Hal itu sangat rentan terjadi pada usia di bawah 4 bulan. Bahkan, setelah usia ini bayi juga masih berisiko menggunakan bantal. Lalu, kapan bayi boleh memakai bantal?

Sebagai orangtua tentu wajar jika Anda khawatir apakah bayi merasa nyaman ketika tidak memakai bantal.

Menurut American Academy of Pediatrics, masih belum ada penelitian yang menunjukkan hal ini. Tetapi, beberapa ahli setuju bahwa usia 1 tahun adalah waktu yang pas untuk anak memakai bantal.  Namun, orangtua juga harus memilih bantal yang tepat agar menghindari risiko mati mendadak karena kesulitan bernapas.

Jika si kecil sudah siap memakai bantal, pilihlah bantal yang tidak terlalu tinggi. Anda bisa membeli bantal yang memang dirancang khusus untuk bayi dan anak-anak. Biasanya berukuran kecil dan datar.

Jangan membeli bantal yang berbulu dan terlalu empuk. Hal tersebut akan membuat kepala bayi masuk ke dalam bantal dan menyebabkan kesulitan bernapas.

Si kecil juga harus memakai bantal jika sudah tidur di atas tempat tidur, bukan saat di dalam boks bayi. Anak biasanya akan memberikan tanda jika sudah siap memakai bantal ketika ia mulai menaruh kepalanya di atas selimut, boneka atau bantal yang Anda pakai.

Orangtua juga harus memilih bantal yang jika ditekan langsung kembali ke bentuk semula. Hal ini akan menjaga anak untuk kembali bisa bernafas setelah kepalanya masuk ke dalam bantal.

Pilihlah bantal dengan ukuran yang pas. Bantal terlalu besar justru membuatnya tidak nyaman. Selain itu, pilihlah bahan yang tidak menimbulkan alergi seperti bantal dengan non-allergic polyfill polyester. Bahan ini bebas bau dan tidak menimbulkan alergi bagi hidung maupun kulit. Anda juga bisa memakai bantal dengan busa hypoallergenic yang membentuk postur dan tulang belakang.

Bayi boleh memakai bantal disesuaikan dengan kondisi dan kesiapan si kecil. Untuk mencobanya, Mama bisa memakai bantal saat tidur di siang hari terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan bahwa bantal yang digunakan aman dan tidak menimbulkan alergi.

Jika si kecil terlalu bergerak banyak dan berisiko membuat kepalanya masuk ke dalam bantal, Anda bisa mencobanya beberapa minggu lagi sampai ia siap memakai bantal.
 (Niken/Tabloid Nakita)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber NAKITA

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.