Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor Penting yang Pengaruhi Kenaikan Berat Badan Bayi

Kompas.com - 06/03/2016, 13:03 WIB

KOMPAS.com - Setiap bayi dilahirkan dengan berat badan berbeda, begitupun dengan pertumbuhannya. Namun, umumnya bayi akan mengalami kenaikan berat badan dengan cepat pada tiga bulan pertama. Setelah itu, kenaikan berat badan akan menurun, tak sebanyak sebelumnya. Lalu, faktor apa saja yang memengaruhi naiknya berat badan bayi?

Menurut dr. Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, kurva pertumbuhan bayi kenaikannya memang tidak linear. Ada fase-fase berat badan tidak naik dengan cepat.

Pada tiga bulan pertama setelah lahir, kenaikan berat badan bayi memang “ngebut”, minimal 700 gram setiap bulan atau sampai sekilo sebulan. Namun kemudian kenaikan itu melandai di tiga bulan berikutnya yakni “hanya” 400—600 gram.

“Kalau sudah landai, Mama jangan berharap naik 1 kilo tiap bulan. Ancer-ancernya berat badan bayi pada usia 5 bulan dua kali berat badan saat lahir. Sementara anak usia 1 tahun, beratnya tiga kali lebih berat badan lahir. Itu kira-kira saja,” jelas dokter anak ini.

Dipengaruhi beberapa aspek
Bila berat badan bayi tidak bertambah, tapi justru menurun, harap jangan panik dulu. Berat badan bayi dipengaruhi oleh berbagai aspek, salah satunya asupan yang diterima bayi. Nah, asupan si kecil ini perlu dibedakan; antara bayi di bawah 6 bulan dan bayi di atas 6 bulan.

Kalau bayi di bawah 6 bulan, berat badannya tidak bertambah, coba amati bagaimana asupan ASI-nya. Cukup atau tidak? Untuk bayi di atas 6 bulan dengan kasus yang sama, silakan perhatikan asupan MPASI-nya.

Menurut Wiyarni, pada bayi di bawah 6 bulan yang berat badannya tidak bertambah, jangan cepat-cepat memberi vitamin, apalagi menambahkan asupannya dengan susu formula. Tidak disarankan juga memberikan bayi makanan tambahan.

“Penelitian telah membuktikan kebutuhan gizi bayi sampai usia 6 bulan cukup terpenuhi dengan ASI. Dia tidak memerlukan susu formula juga tidak memerlukan makanan pendamping ASI,” tegas Wiyarni.

Pemberian makanan yang terlalu dini memiliki risiko, seperti alergi, karena pencernaan bayi masih lemah. Selain itu, jika bayi sudah mendapat makanan tambahan sebelum usia 6 bulan, otomatis menyusunya akan berkurang. Padahal ASI banyak memberikan manfaat seperti kekebalan, dan zat-zat gizi penting yang dibutuhkan oleh bayi.

Apa yang harus dilakukan Mama bila berat bayi tidak bertambah? Tentu Mama perlu segera berkonsultasi pada dokter untuk mencari penyebab berat badan si kecil yang tidak bertambah tersebut.

Para dokter umumnya akan mencari tahu apakah cara menyusu atau makan si kecil kurang tepat, apakah ASI/MPASI-nya mencukupi, atau memang ada gangguan kesehatan pada si kecil.

“Kalau masalahnya ada pada pemberian makanan, maka caranya yang harus diperbaiki. Kalau bayinya sakit, sakitnya harus disembuhkan. Pada Mama yang kebutuhan ASI-nya tidak maksimal, dapat berkonsultasi pada konselor ASI.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com