Kompas.com - 20/04/2016, 22:03 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Jangan menilai ukuran penis dalam kondisi tak ereksi. Pasalnya, penis yang terlihat kecil ketika sedang "terlelap" justru bisa memberi kejutan.

Pakar andrologi dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, dr Heru Oentoeng, Sp And, menjelaskan bahwa ukuran penis dalam kondisi tak ereksi bisa menipu. Sebab, ada dua tipe penis, menurut tampilannya, ketika sedang tak ereksi.

Yang pertama tipe shower alias tukang pamer. Mr P seperti ini menang di tampilan ketika sedang "terlelap". Secara fisik, bentuknya terlihat panjang dan besar. Namun, ketika ereksi, pertambahan panjangnya tak signifikan.

"Misalnya, ketika belum ereksi, ukurannya mencapai 8 sentimeter. Ketika ereksi, panjangnya 12 sentimeter. Jadi, 'hanya' bertambah 4 sentimeter. Tak signifikan," kata Heru.

Sementara itu, tipe grower itu pemalu, tetapi penuh kejutan. Ketika "terlelap", panjangnya mungkin 4-5 sentimeter. Namun, pertambahan panjangnya signifikan ketika ereksi.

"Bisa jadi, ketika ereksi, panjangnya malah mencapai 15 sentimeter. Nambahnya banyak, kan," ujar Heru.

Penjelasan Heru didukung oleh data ilmiah dan jurnal medis yang kredibel. Salah satunya dari Journal of Sex Research bahwa ukuran penis sesungguhnya tak bisa diukur ketika sedang "terlelap". Ukurannya harus diukur dalam keadaan ereksi.

Lebih jauh, menurut jurnal tersebut, secara umum, tipe shower dan grower memiliki panjang yang tak jauh berbeda ketika sudah ereksi. Misalnya, si shower 14,5 sentimeter, dan si grower 15 sentimeter.

Yang jelas, penis tipe grower belum tentu kalah oleh tipe shower. Bahkan, sangat mungkin terjadi sebaliknya, tipe shower kalah oleh tipe grower.

"Untuk para pria, jangan minder kalau melihat tipe shower. Untuk para wanita, jangan terbuai oleh tampilan tersebut," imbuh Heru. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.