Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Turunkan Berat Badan Tanpa Berkeringat

Kompas.com - 10/06/2016, 04:51 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Kegiatan fisik seperti berjalan dan mengangkat beban, tertawa dan mengangkat gelas air, menghabiskan 15 persen sampai 30 persen dari energi yang Anda gunakan, kata penelitian.

Bila Anda merinci semua gerakan pembakaran kalori Anda, penelitian menunjukkan kegiatan non-olahraga pun bisa menambah hingga ribuan kalori ekstra yang dikeluarkan setiap hari. Hanya berdiri atau bermain solitaire sambil menonton televisi membakar 50 sampai 100 kalori per jam-dibandingkan dengan jika hanya duduk diam.

Setiap kegiatan yang melibatkan gerakan akan meningkatkan jumlah kalori tubuh yang Anda gunakan, kata penulis studi Pedro Villablanca, MD, seorang ahli jantung di Montefiore-Albert Einstein College of Medicine di New York.

"Tidak ada pertanyaan tentang manfaat dari latihan," Villablanca menambahkan. Tapi sangat penting untuk berupaya lebih banyak bergerak, seperti berdiri saat telepon, atau memasak makan malam-akan membantu mengeluarkan lebih banyak kalori, katanya.

Berikut adalah empat trik penurunan berat badan yang tidak memerlukan diet atau berolahraga:

 

Tidur lebih banyak
Semakin sedikit Anda tidur, semakin hormon rasa lapar Anda berteriak meminta makan berlebihan, dmeikian menurut penelitian dari PLoS Medicine.

Dibandingkan dengan orang yang tidur delapan jam setiap malam, orang-orang yang tidur lima jam, memiliki kadar hormin ghrelin yang memicu nafsu makan, 15 persen lebih tinggi.

Para peneliti Stanford University mengatakan semakin sedikit Anda tidur, semakin mungkin indeks massa tubuh Anda meningkat.

 

Cium aroma peppermint
Ketika mengendus aroma peppermint selama dua jam selama lima hari, kita akan mengonsumsi 1.800 kalori lebih sedikit daripada mereka yang mengendus plasebo non-peppermint, menurut sebuah studi dalam jurnal Appetite.

Penulis studi mengatakan, aroma peppermint dapat merangsang hipotalamus, bagian otak yang membantu mengatur tingkat nafsu makan.

 

Sambut sinar matahari pagi
Semakin banyak Anda terkena sinar matahari pagi, semakin mudah Anda menurunkan berat badan, demikian simpulan sebuah studi dari Northwestern University.

Sinar matahari membantu mengatur ritme sirkadian atau ritme internal tubuh, termasuk mengontrol nafsu makan.

Mendekat pada jendela sebanyak mungkin, antara pukul delapan pagi dan tengah hari adalah cara yang bagus untuk makan lebih sedikit. Menghindari banyak cahaya terang di kemudian hari, dapat memiliki kebalikan efek pada berat badan Anda, penulis mengatakan.

 

Melangkah ke luar rumah
Semakin stres Anda merasa, semakin besar kemungkinan Anda untuk makan berlebihan, menunjukkan penelitian dari Yale dan University of California, San Francisco.

Tim peneliti mengatakan, hormon stres kortisol dapat meningkatkan nafsu makan dan keinginan Anda untuk ngemil. Berjalan di luar, menyatu dengan alam, dapat mengurangi kadar kortisol yang mendorong keinginan ngemil Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com