Kompas.com - 10/06/2016, 04:51 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Kegiatan fisik seperti berjalan dan mengangkat beban, tertawa dan mengangkat gelas air, menghabiskan 15 persen sampai 30 persen dari energi yang Anda gunakan, kata penelitian.

Bila Anda merinci semua gerakan pembakaran kalori Anda, penelitian menunjukkan kegiatan non-olahraga pun bisa menambah hingga ribuan kalori ekstra yang dikeluarkan setiap hari. Hanya berdiri atau bermain solitaire sambil menonton televisi membakar 50 sampai 100 kalori per jam-dibandingkan dengan jika hanya duduk diam.

Setiap kegiatan yang melibatkan gerakan akan meningkatkan jumlah kalori tubuh yang Anda gunakan, kata penulis studi Pedro Villablanca, MD, seorang ahli jantung di Montefiore-Albert Einstein College of Medicine di New York.

"Tidak ada pertanyaan tentang manfaat dari latihan," Villablanca menambahkan. Tapi sangat penting untuk berupaya lebih banyak bergerak, seperti berdiri saat telepon, atau memasak makan malam-akan membantu mengeluarkan lebih banyak kalori, katanya.

Berikut adalah empat trik penurunan berat badan yang tidak memerlukan diet atau berolahraga:

 

Tidur lebih banyak
Semakin sedikit Anda tidur, semakin hormon rasa lapar Anda berteriak meminta makan berlebihan, dmeikian menurut penelitian dari PLoS Medicine.

Dibandingkan dengan orang yang tidur delapan jam setiap malam, orang-orang yang tidur lima jam, memiliki kadar hormin ghrelin yang memicu nafsu makan, 15 persen lebih tinggi.

Para peneliti Stanford University mengatakan semakin sedikit Anda tidur, semakin mungkin indeks massa tubuh Anda meningkat.

 

Cium aroma peppermint
Ketika mengendus aroma peppermint selama dua jam selama lima hari, kita akan mengonsumsi 1.800 kalori lebih sedikit daripada mereka yang mengendus plasebo non-peppermint, menurut sebuah studi dalam jurnal Appetite.

Penulis studi mengatakan, aroma peppermint dapat merangsang hipotalamus, bagian otak yang membantu mengatur tingkat nafsu makan.

 

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.