Kompas.com - 13/06/2016, 09:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Bagi banyak keluarga modern, momen di mana orangtua meluangkan waktunya untuk bermain, membacakan cerita, atau ngobrol dengan anaknya, mungkin akan semakin langka.

Orangtua masa kini lebih mengandalkan gawai (gadget) untuk membuat anak-anak mereka anteng. Penelitian terhadap 44 keluarga juga mengungkapkan, anak usia prasekolah menghabiskan banyak waktunya menonton televisi atau main video games. Interaksi antara anak dan orangtua semakin lama makin sedikit.

Hasil penelitian itu memang tak terlalu mengejutkan. Harus diakui anak-anak saat ini memang lebih tenang saat mereka asyik memainkan gawainya.

"Teknologi sudah menjadi pengasuh anak. Orangtua bisa melakukan banyak hal lain saat anak-anaknya asyik dengan gadget, sehingga jarang orangtua yang ikut duduk bersama anaknya ikut menonton," kata Dr.Victor Fomari, pakar psikiatri anak dan remaja.

Dalam penelitian terhadap 44 keluarga diketahui, anak prasekolah lebih banyak menonton televisi, dengan 80 persennya menggunakan media rekaman seperti DVD. Sekitar 10 persen memainkan video games, dan sisanya memainkan komputer, tablet, atau smartphone.

Interaksi orangtua sangat minim saat anak mereka sedang menonton tv atau memainkan gadget. Padahal, anak juga sering meminta perhatian orangtuanya dengan membicarakan film yang ditonton.

Penelitian mengungkap, ketika fokus orangtua ada pada hal lain, sekitar 58 persen anak terpapar film atau tayangan orang dewasa, misalnya "Sex and the City, "Grey's Anatomy", atau film-film horor.

"Orangtua seharusnya perhatian pada tontonan yang dinimakti anak, dan berkomunikasi dengan anaknya untuk mengajarkan apa yang boleh ditonton atau tidak, termasuk memberi penekanan jika ada pesan positif dalam film," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber HEALTHDAY

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.