Kompas.com - 27/06/2016, 04:33 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat menjalankan puasa, jangan lupa untuk tetap makan buah-buahan. Anda dapat mengonsumsinya saat sahur dan berbuka.

Dokter spesialis gizi klinik Pauline Endang Praptini mengungkapkan, saat sahur pilihlah buah-buahan yang mengandung banyak air, dan tinggi serat.

"Contohnya apel, pepaya, melon, buah naga, dan pisang," kata Pauline dalam acara Ngabuburit Bersama Sunpride di Jakarta, Sabtu (26/6/2016).

Dokter yang praktik di Mayapada Hospital, Lebak Bulus, Jakarta ini menjelaskan, buah yang mengandung banyak cairan bermanfaat untuk hidrasi tubuh selama puasa. Selain untuk mencegah dehidrasi, tentu untuk mengurangi rasa haus saat puasa.

Sementara itu, buah-buahan yang tinggi serat, penyerapannya lebih lambat di dalam tubuh, sehingga akan terasa kenyang lebih lama.

Makanan tinggi serat juga menyehatkan saluran cerna dan mencegah sembelit. Selain itu, buah-buahan seperti kurma dan pisang juga mengandung kalium yang sangat baik untuk nutrisi otot tubuh, sehingga tidak lemas melakukan aktivitas.

Bagaimana untuk berbuka puasa? Pilihan buah yang baik dimakan untuk berbuka puasa, antara lain kurma, anggur, kelengkeng, mangga, pisang, dan rambutan.

Menurut Pauline, buah-buahan tersebut mengandung gula tinggi, sehingga bisa langsung menaikkan kadar gula darah. Tubuh pun kembali berenergi setelah buka puasa. Makanlah buah-buahan tersebut secukupnya.

Pauline mengatakan, makan buah-buahan dan sayuran selama puasa sangat penting untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Flu Tulang
Flu Tulang
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.