Kompas.com - 27/06/2016, 21:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Para pria sebaiknya mulai membantu pekerjaan rumah tangga di rumah. Pasalnya, pasangan yang berbagi tugas di rumah ternyata lebih sering berhubungan seks.

Ini kata penelitian yang akan diterbitkan di Journal of Marriage and Family. Studi tersebut mendapatkan kesimpulan setelah menganalisa data penelitian kepuasan perkawinan di AS pada 2006.

Ditemukan bahwa pasangan heteroseksual yang berbagi pekerjaan rumah tangga ternyata berhubungan seks rata-rata6,8 kali per bulan. Sementara pasangan yang hanya satu orang saja yang mengerjakan sebagian besar pekerjaan rumah tangga hanya rata-rata berhubungan lima kali sebulan.

Pada rumah tangga dengan pembagian tugas tak merata, wanita adalah pihak yang lebih banyak mengerjakan kerja rumah tangga.

Peneliti Profesor Sharon Sassler dari Cornell University mengatakan,"Pasangan kontemporer yang berbagi secara egaliter pekerjaan rumah tangga adalah pasangan yang mengalami peningkatan frekuensi seks."

"Kelompok lain, termasuk wanita yang mengerjakan sebagiab besar pekerjaan rumah tangga, mengalami penurunan frekuensi seks. Penemuan ini menjadi mencolok setelah terindikasi laporan bahwa frekuensi hubungan seks secara umum menurun di seluruh dunia selama beberapa tahun terakhir," katanya.

Mengomentari penelitian ini, sejarawan Stephanie Coontz mengatakan hal itu mencerminkan bagaimana pasangan heteroseksual sekarang mengalami "kekuatan lebih setara antara pria dan wanita." "Cinta sering dilihat sebagai daya tarik yang berlawanan dan setiap pasangan dalam perkawinan memiliki ketrampilan unik, sumber daya dan emosi yang kurang dimiliki masing-masing jenis kelamin," katanya.

"Saat ini cinta didasarkan pada minat, aktivitas dan emosi yang sama. Perbedaan pernah menjadi dasar gairah. Saat ini kesetaraan semakin menjadi erotis," imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.