Kompas.com - 04/07/2016, 13:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Aroma bawang putih mungkin tak terlalu disukai, namun rempah yang satu ini, memiliki banyak manfaat kesehatan, dengan sedikit kalori. Bawang putih juga memiliki khasiat menyembuhkan yang kuat untuk beragam penyakit atau keluhan kesehatan.

Seorang dewasa yang sehat dapat dengan aman mengkonsumsi hingga empat siung bawang putih setiap hari, menurut University of Maryland Medical Center, dengan masing-masing berat satu siung yaitu sekitar gram.

Bawang putih mengandung bahan allicin aktif. Alicin adalah zat yang memberi rasa dan bau yang khas. Apakah Anda mengonsumsi bawang putih dalam bentuk bubuk, cincang atau dalam bentuk suplemen, Anda tetap dapat menuai keuntungan yang menyembuhkan dan menyehatkan seperti berikut ini.


1. JERAWAT

Bawang putih dapat berfungsi sebagai pengobatan topikal alami untuk menyingkirkan jerawat. Allicin, senyawa organik dalam bawang putih, memiliki kemampuan untuk menghentikan efek merusak dari radikal bebas dan membunuh bakteri, menurut sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam jurnal Angewandte Chemie.

 

2. RAMBUT RONTOK

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

kandungan sulfur yang sangat tinggi dan keratin dalam bawang putih mampu merangsang fortifikasi dan pertumbuhan rambut.

Sebuah studi tahun 2007 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology, Venerology dan Leprology menemukan bahwa penggunaan gel bawang putih dipadu dengan obat topikal betametason valerat topikal untuk pengobatan areata alopecia bisa efektif untuk mendorong kembali pertumbuhan rambut.

 

3. FLU

Allicin dalam bawang putih dapat berfungsi membanttu meringankan dan menyembuhkan flu, kata. Rene Ficek, seorang ahli diet dan gizi di Seattle Sutton Healthy Eating di Illinois.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X