Kompas.com - 19/07/2016, 17:25 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gula, garam, dan lemak, ketiganya selalu ada dalam konsumsi makanan mayarakat pada umumnya. Namun, perlu diingat, gula, garam, dan lemak bisa mendatangkan masalah kesehatan serius jika sering dikonsumsi berlebihan.

Setiap orang per hari sebenarnya cukup konsumsi 50 gram gula (4 sendok makan), 2000 miligram natrium/sodium atau 5 gram garam (1 sendok teh), dan untuk lemak, cukup 67 gram (5 sendok makan).

Kepala Seksi Penyakit Diabetes Melitus -Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes Robert M Saragih mengatakan, pola makan yang tidak sehat seperti kelebihan gula, garam, dan lemak bisa menimbulkan berbagai penyakit tidak menular.

"Penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes, bisa komplikasi ke jantung hingga ginjal," ujar Robert dalam acara Edukasi Finalis Health Agent Award 2016 di Kantor Nutrifood, Jakarta Timur, Selasa (19/7/2016).

Diabetes bisa disebabkan karena terlalu banyak konsumsi makanan yang manis. Hal ini bisa memicu resistensi insulin.

Sementara itu, kelebihan garam bisa menimbulkan tekanan darah tinggi. Kemudian, penumpukan lemak dapat menyumbat aliran darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya jantung dan stroke.

Menurut Nutrition &Health Education Manager Nutrifood Fendy Susanto, sering kali orang tak sadar telah berlebihan konsumsi gula, garam, lemak. Meski demikian, mereka umumnya tahu mengenai risiko konsumsi makanan tidak sehat.

Fendy mengungkapkan, berdasarkan riset, sebanyak 7 dari 10 kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit tidak menular. Untuk itu perlu edukasi dan membentuk kebiasaan sejak dini mengenai pola makan sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.