Kompas.com - 18/08/2016, 21:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Terlelap bersama pasangan ternyata membantu kita merasa lebih percaya diri dan merasa aman dalam hubungannya dengan pasangan. Sementara orang yang kurang dihargai atau tak dipedulikan pasangannya cenderung menderita insomina. Begitu hasil studi baru yang diterbitkan di Social Personality and Psychological Science.

Sedangkan, mereka yang punya pasangan yang cepat merespon kebutuhan mereka, cenderung tidur lebih nyenyak.

"Penemuan kami membuktikan, bahwa seseorang dengan pasangan responsif mengalami kecemasan lebih rendah yang akibatnya memperbaiki kualitas tidur," kata pemimpin riset Dr. Emre Selçuk, psikolog perkembangan dan sosial dari Middle East Technical University, Turki.

Seberapa nyenyak tidur bersama pasangan juga menjelaskan banyak hal penting mengenai kondisi hubungan.

Periset menemukan agar wanita mencapai "tidur restoratif", tahap tidur di mana semua manfaat kesehatan terjadi, ia harus merasa aman, nyaman, dan terlindungi.

Artinya, jika Anda mampu tidur nyenyak di dekat orang lain, Anda merasa cukup nyaman bersamanya. Tetapi jika Anda terus terjaga di malam hari, mungkin bukan karena kebanyakan minum kopi, melainkan pertanda kurang diperhatikan pasangan.

Tidur nyenyak bukan hanya satu tanda hubungan baik dengan pasangan, tetapi juga hubungan yang kuat. Satu kepastian untuk hidup lebih lama, sehat dan bahagia adalah memiliki pasangan yang memperhatikan kebutuhan kita.

Hal itu juga terjadi pada pasangan kita. Oleh sebab itu, jangan lupa sediakan waktu mendengarkan suami atau istri di rumah. Siapa tahu, dengan begitu kita bisa membantunya untuk  tidur lebih nyenyak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.