Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Rutinitas Ini Sebelum Tidur untuk Kulit Sehat Bercahaya

Kompas.com - 14/07/2016, 21:07 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Sama halnya dengan bagian tubuh yang lain, kulit Anda pun perlu dijaga kesehatannya agar selalu tampil halus, kenyal dan bercahaya.

Kulit berfungsi untuk melindungi kita dari paparan negatif lingkungan seperti debu dan sinar matahari. Karena itu, sangat wajar jika Anda memberinya perhatian khusus.

Terapkan rutinitas lima menit ini sebelum tidur setiap malam untuk mendapatkan kulit impian. Ketika Anda bangun, Anda akan melihat kompleksi sempurna di wajah Anda.

 

Langkah 1: Manfaatkan petroleum jelly
Ambil sedikit krim petroleum jelly seujung jari atau sebesar butiran kacang di ujung telunjuk Anda. Tutup mata, kemudian usapkan krim dengan lembut ke kelopak mata (jangan sampai terkena bulu mata). Krim ini sangat baik untuk menghapus maskara dan make-up mata lainnya, kata Judith Hellman, MD, dermatolog di New York City.

 

Langkah 2: Hapus Make-up Mata
Usap kapas basah ke mata Anda mulai dari dalam ke sudut luar sampai make-up menghilang. "Lakukan dengan perlahan agar petroleum jelly punya kesempatan berlama-lama di area sekitar mata Anda," kata Dr Hellman.

"Petroleum jelly dapat menghidrasi kulit di area mata dan berfungsi seperti krim mata."

 

Langkah 3: Pembersih (Jika Anda memiliki kulit berminyak)
Jika Anda memiliki kulit berminyak menggunakan pembersih yang mengandung asam-salisilat glikolat untuk menyeka seluruh wajah Anda. Asam salisilat dapat membersihkan pori-pori dan menghilangkan makeup, dan asam glikolat untuk membersihkan komedo, jelas Dr. Hellman.

 

Langkah 4: Pembersih (Jika Anda memiliki kulit normal cenderung kering)
Jika kulit Anda jenis normal cenderung kering, gunakan pembersih berbentuk krim untuk membersihkan sekaligus melembabkan di saat yang bersamaan. Aplikasikan pembersih ke seluruh wajah kemudian bersihkan dengan kapas yang telah sedikit dibasahi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com