Kompas.com - 05/09/2016, 21:35 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Mandi adalah kegiatan yang tidak hanya menyegarkan tapi juga menyehatkan. Rutinitas mandi akan menghindarkan Anda dari risiko sakit kulit, hingga dapat meningkatkan mood. Tapi, dalam kondisi tertentu, mandi bisa menjadi kegiatan yang membahayakan jika Anda melakukan hal-hal di bawah ini.


Menyalakan peralatan elektronik saat badai

Jika kamar mandi Anda memiliki sambungan listrik, entah itu untuk pengering rambut atau air panas, sebaiknya jangan dinyalakan ketika ada petir, kata Mary M. Cooper, M.D., peneliti di bagian Program Penelitian Cedera karena Petir di University of Illinois di Chicago.

Petir dapat menyambar aliran listirk dan bisa berakibat fatal serta merusak peralatan elektronik.


Menggunakan pancuran yang sudah tua

Hampir sepertiga dari pancuran mengandung bakteri yang berpotensi berbahaya, menurut sebuah studi dari University of Colorado di Boulder. Itu karena shower dan pancuran yang sudah tua umurnya, memiliki sudut dan celah yang merupakan tempat ideal bagi tumbuhnya mikroba.

Anda dapat membersihkan pancuran yang sudah tua dengan pemutih, tetapi bakteri tetap akan tumbuh kembali.


Mandi tanpa mat

Mat yang dimaksud di sini adalah keset bergerigi yang biasanya terbuat dari plastik. Menurut laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di AS, terjadi lebih dari 230.000 cedera di kamar mandi setiap tahunnya. Hampir 20 persennya adalah karena kejadian tergelincir.


Terlalu sering menggunakan loofah

Halaman:

Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.